IBM dan PT SMI Launching Program Pemberdayaan Tenun di Sumba

WAINGAPU, NTT PEMBARUAN.com- Insan Bumi Mandiri (IBM) bekerjasama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) melaunching program tenun di Kelurahan Preiliu, Kecamatan Kamberi, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan kehadiran kelompok tenun yang dibina oleh IBM bekerjasama dengan PT. SMI,kata Fadli, Penanggungjawab Program Tenun Kelurahan Preiliu melalui press release yang diterima media ini, Senin (30/11/2020).

“Program ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di KelurahanPreiliu. Kami merasa bahagia karena dengan adanya kelompok tenun yang dibina ini bisa menjadi jalan untuk mengelola tenun ikat Sumba menjadi lebih baik lagi,” kata Fadli.

Sebelum program ini dibentuk, masyarakat menenun secara mandiri di rumah masing-masing. Kurangnya pembinaan juga membuat jumlah penenun semakin sedikit. Apalagi generasi muda sekarang tidak banyak yang tertarik untuk belajar menenun. Selain itu, masyarakat juga belum mengerti bagaimana cara memasarkan produk mereka agar lebih dikenal.

Baca juga :  Panitia USB SMKN 2 Welak Terima Kasih Kepada Pemprov NTT

Masyarakat sangat antusias menyambut kehadiran program tenun ini. Besar harapan mereka dengan keberadaan program ini dapat menjadikan tenun ikat Sumba lebih dikenal baik di Indonesia maupun mancanegara. Selain itu, diharapkan program ini wanita penenun di Sumba dapat diberdayakan.

“Maka dari itu kelompok tenun ini, kami beri nama PahammuNdumaLuri yang artinya ‘Perbaiki Hidup’, semoga menjadi doa agar kehadirannya bisa memperbaiki hidup kami,” ujar Ny. Jamia Ali, Ketua Kelompok Tenun Kelurahan Preiliu. (ade/*)