DPKP NTT Distribusi Sejumlah Benih Kepada Para Petani

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Menyambut musim tanam tahun ini,  Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan  Provinsi Nusa Tenggara Timur (DPKP NTT) menyalurkan sejumlah jenis benih kepada para petani, seperti benih padi, jagung dan kacang-kacangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Leky  Frederich Koli,S.TP kepada NTT PEMBARUAN.com di Kupang belum lama ini mengatakan, pihak ketiga dalam hal ini kontraktor sudah mendistribusikan sejumlah benih untuk dibagikan secara gratis kepada para petani di 22 kabupaten/kota di NTT untuk ditanam pada musim tanam tahun ini.

“Tahun ini, kita tanam cukup luas, tanam padi sekitar 60.000 hektar, jagung 50.000-an hektar, kacang-kacangan 10.000 hektar, dan TJPS kita lanjutkan 8.000 hektar lebih,” sebut Leky.

Baca juga :  Tiga Pejabat Utama di Polres Mabar Dilakukan Sertijab

Benih padi yang sudah didistribusikan kepada para petani sebanyak 1.650 ton, benih jagung 600 ton (jagung hibrida dan lamuru),  semuanya sudah sampai di tangan para petani, dan daerah-daerah yang sudah hujan, seperti Flores Barat (Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat) sudah mulai menanamnya.

“Kali ini, kita berhasil mengatur penyaluran benih tepat waktu, sehingga kita berharap semua petani sudah menerima dan siap tanam pada musim tanam tahun ini. Kita harapkan 3-4 bulan ke depan, petani-petani kita bisa panen, dan kita punya ketersediaan pangan yang cukup dan juga bisa membangun ketahanan ekonomi petani,”harap dia.

Sementara siklus penyaluran benihnya sendiri menggunakan jasa pihak ketiga, dalam hal ini kontraktor yang disalurkan sejak September dan terakhir Oktober 2020. Kemudian diperiksa di kabupaten,dan kalau sudah memenuhi syarat baru diteruskan ke kelompok-kelompok tani.

Baca juga :  NTT Juara Umum API V 2020

Setelah sampai di kelompok tani, selanjutnya dibagikan kepada anggota kelompok untuk ditanam di lahannya masing-masing. Bantuan itu bisa membawa dua manfaat, yakni untuk ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi. (ade)