LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Bernadus Dandur,M.Si berjanji, Tahun 2021 Gedung SMPN 6 Welak termasuk beberapa sekolah baru lainnya di Manggarai Barat akan dibangun.

Tahun 2020 untuk beberapa sekolah yang baru dibuka di Manggarai Barat sudah dialokasikan dana pembangunan ruang kelas baru (RKB), namun karena persoalan virus corona, maka anggaran tersebut dialihkan atau direfocusing untuk penanganan bencana pandemi Covid-19, kata Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Kabupaten Manggarai Barat, Drs. Bernadus Dandur,M.Si kepada media ini melalui WhatsApp, Kamis (5/11/2020)

Bernadus diminta komentar terkait kondisi SMPN 6 Welak, yang berlokasi di Paje, Desa Wewa, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, yang sudah berdiri 4 tahun lalu, namun sampai hari ini belum memiliki gedung sendiri.

Baca juga :  Pelaku Penggelapan Sepeda Motor Diamankan Polres Mabar

Menurut Bernadus, Tahun 2020 ini ada beberapa sekolah baru di Manggarai Barat termasuk SMPN 6 Welak sudah dialokasikan dana pembangunan RKB, namun karena pandemi Covid-19, anggaran tersebut direfocusing untuk penanganan Covid-19.

“Kita anggarkan kembali Tahun 2021, dan mudah-mudahan tidak ada bencana lagi,” kata Bernadus.

Sebelumnya, Kepala SMPN 6 Welak, Aleksius Morel ,S.Pd  kepada media ini mengaku, sudah empat tahun  sekolahnya berdiri, namun sampai hari ini belum memiliki gedung sendiri.

Untuk bisa melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), setiap hari siswanya harus nunut di Gedung Sekolah Dasar Inpres (SDI) Paje dengan memanfaatkan waktu di siang hari, setelah anak-anak SD pulang sekolah mulai dari jam 12.00  Wita – pukul 17.30 Wita.

Baca juga :  Gerai Vaksin Presisi Polres Mabar Hadir di SMPN 1 Komodo

Jumlah siswanya saat ini,  168 orang akumulasi dari kelas VII,VIII dan IX  tersebar di 6 rombongan belajar (Rombel).

Jika mengacu pada 6 Rombel yang ada, maka idealnya ruang kelas baru (RKB)  yang dibangun di sekolah itu sebanyak 6 RKB ditambah ruang perpustakaan, ruang kerja kepala sekolah, ruang guru, toilet siswa dan rumah dinas kepala sekolah. (ade)