Plan Internasional Kerjasama Dukcapil Nagekeo Sosialisasi Adminduk di Desa Tonggurambang

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Plan Internasional  Kantor Cabang Nagekeo bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  Kabupaten Nagekeo melakukan sosialisasi tentang administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat  Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, Selasa (3/11/2020)

Sosialiasi yang berlangsung di Aula Kantor Desa Tonggurambang menghadirkan  narasumber dari Dukcapil Nagekeo, yaitu Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nagekeo, Paul Soleh dan Kabid Catatan Sipil, Hilda Gardis Lengu.

Sosialisasi ini diikuti 25 orang terdiri dari sejumlah perangkat desa, bidan desa, guru dan relawan Plan Internasional Indonesia di Wilayah Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, kabupaten Nagekeo.

Sekertaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Nagekeo, Paul Soleh kepada para peserta sosialisasi mengingatkan, akta kelahiran wajib bagi setiap anak.  Ke depan, semua masyarakat wajib memiliki kutipan akta kelahiran. Sebab, akta kelahiran menjadi data dasar untuk data kependudukan lainnya.

Baca juga :  Gubernur NTT Dukung Pembangunan Bendungan Kolhua

“Kebiasaan masyarakat kita mengabaikan persoalan data kependudukan yang sebenarnya wajib sebagai data kependudukan.  Kami siap melakukan pelayanan langsung di kantor desa, kalau memenuhi kuota 50 map,”kata Paul.

Paul menilai, kesadaran masyarakat untuk mengurus  Adminduk masih rendah.  Karena itu, Negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum bagi warganya.

Pada tempat yang sama,   Kepala Desa Tonggurambang, Toa Muallaf mengucapkan terima kasih banyak kepada Plan Internasional dan Dinas Kependudukan Kabupaten Nagekeo yang telah memberikan sosialisasi  Adminduk kepada warganya.

“Bagi kami masyarakat Tonggurambang data kependudukan, khususnya akta kelahiran bagi anak dan data kependudukan lainnya sangat penting,” ungkap Muallaf.

Baca juga :  Pemprov NTT Menyampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Bupati Lembata

Karena penting Adminduk itu, maka Pemerintah Desa Tonggurambang kerjasama Plan Internasional dan Dukcapil Nagekeo melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sehubungan dengan itu, ia mengimbau  semua kepala dusun dan RT di wilayahnya untuk mendata masyarakat yang belum memiliki administrasi kependudukan untuk bisa dilaporkan ke Dukcapil Nagekeo agar bisa dilakukan pelayanan di Desa Tonggurambang.(mat)