Insan Bumi Mandiri Bantu Warga Pulau Komodo Bangun Masjid Pertama

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Yayasan Insan Bumi Mandiri membangun masjid pertama di daerah itu, untuk membantu umat muslim yang bermukim di Dusun V, Desa Komodo, Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Usman,  Ketua Panitia Pembangunan Masjid di Dusun 5, Pulau Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, sekaligus mewakili semua umat muslim di wilayahnya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Insan Bumi Mandiri dan para donaturnya.

“Awalnya, kami berencana membangun masjid Ini lewat dana patungan,tapi alhamdulillah mendapat bantuan,” ucap Usman yang juga Warga Dusun V, Desa Komodo, Pulau Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat itu.

Selama ini, kata Usman, umat muslim yang bermukim di Dusun V belum memiliki masjid, sehingga mereka berinisiatif untuk membangun masjid pertama di dusunnya dengan cara berswadaya. Masjid itu mereka namai Masjid Nurul Huda.

Baca juga :  Dua Hari, Gubernur NTT Pantau Kondisi Korban Bencana Badai Tropis di Sumba

Pembangunan Masjid Nurul Huda melibatkan semua elemen masyarakat di Dusun V untuk  bergotongroyong. Mereka bahu-membahu membangun masjid, mulai dari pengangkutan batako dari dermaga hingga pengecoran fondasi masjid.

Namun, dana yang dikumpulkan oleh warga Dusun V tidak mencukupi untuk membangun masjid. Melihat kejadian ini, Yayasan Insan Bumi Mandiri melalui website insanbumimandiri.org melakukan pengumpulan dana secara daring. Dana yang terkumpul digunakan untuk membeli material pembangunan masjid, seperti batako dan kusen.

Masjid Nurul Huda merupakan 1 dari 130 lebih program pembangunan masjid yang telah digarap oleh Yayasan Insan Bumi Mandiri. Hal ini merupakan wujud konsistensi Insan Bumi Mandiri dalam membangun pedalaman, khususnya di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga :  Gubernur NTT Dorong Para Petani Lembor Tingkatkan Produksi Panen Padi

Tim Insan Bumi Mandiri berharap, bantuan pembangunan semacam ini dapat terus dilakukan dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di pedalaman NTT.

“Kami berharap, masyarakat yang terkendala dengan minimnya fasilitas rumah ibadah seperti masjid bisa sama-sama kita bantu untuk memudahkan mereka menjalani aktivitas ibadahnya dengan lebih tenang dan nyaman,” ujar Hayatul Fikri Aziz, Head of Monitoring and Evaluating Insan Bumi Mandiri. (ade/*)