TBM Pelihara Desa Aeramo Resmi Dilaunching

MBAY, NTT PEMBARUAN.com-Kampung Literasi Taman Baca Masyarakat Pelita Harapan Rakyat (TBM Pelihara) Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi NTT, resmi dilaunching, Rabu (21/10/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja, Ketua Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) NTT, Polikarpus Do,  Direktur PKBM Pelihara, Oskar Meta,  tokoh masyarakat, tokoh, tokoh adat, tokoh pendidikan, serta sejumlah anak didik Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat  Pelita Harapan Rakyat ( PKBM Pelihara).

Launching dan peresmian kampung literasi itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja.

Ketua FTBM NTT, Polikarpus Do mengatakan, program kampung literasi adalah program nasional yang harus disambut baik oleh pemerintah daerah dan masyarakat. Ada tiga komponen atau aspek  literasi yang harus di capai, yaitu  literasi keluarga, literasi sekolah dan literasi masyarakat.

Baca juga :  Kodim 1625 Ngada Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Desa Tonggurambang

Polikarpus berharap, kegiatan- kegiatan literasi  ke depan, pemerintah daerah harus terlibat aktif, apalagi Kabupaten Nagekeo sudah mencanangkan sebagai kabupaten literasi.

“Hari ini (Rabu,21/10/2020,red),  masyarakat melalui PKBM Pelihara sudah berusaha dan bekerja keras untuk melaunching dan meresmikan kampung literasi, tapi kami tidak melihat dukungan  serius Pemerintah Kabupaten Nagekeo dalam kegiatan tersebut,”kata Polikarpus.

Sementara itu, Direktur PKBM Pelihara, Oskar Meta, mengungkapkan kekecewaannya terhadap lembaga DPRD Kabupaten Nagekeo, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nagekeo, OPD lain serta sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah diundang, tapi tidak hadir.

Ketidak adiran OPD dan sejumlah ASN yang sudah diundang itu, menurut dia,  menunjukkan gerakan Kabupaten Nagekeo sebagai kabupaten literasi yang dicanangkan Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do dan Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja tidak didukung oleh lembaga DPRD dan  OPD setempat.

Baca juga :  Bawaslu Nagekeo Pastikan Hak Pilih Masyarakat Tetap Terjaga

Oskar, mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati Nagekeo, Marianus Waja atas kehadirannya  dalam kegiatan launching dan peresmian kampung literasi tersebut.  Kampung literasi itu dibuka setiap hari kerja dari jam 08:00 Wita –pukul 22:00 Wita.

Di tempat tersebut tersedia kegiatan belajar mengajar, membaca, diskusi, fasilitas WiFi gratis dan buku- buku bacaan yang lengkap.  Semua fasilitas yang disediakan bisa dimanfaatkan oleh anak-anak sekolah  bersama masyarakat umum.

Oskar berharap, kampung literasi ini bisa memunculkan aura baru sesuai harapan dan program yang telah dicanangkan oleh Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do. (mat)