35 Pelaku UKM di Mabar Dapat Bantuan Kredit Tanpa Agunan dan Bunga Bank NTT

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang serius bagi perekonomian Indonesia. Bukan saja para pengusaha besar, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pun turut terkena dampak.

Demi meringankan beban finansial UKM yang terkena dampak pandemi Covid-19, inilah Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) Manggaarai Barat bekerjasama dengan Bank NTT memberi ruang kepada pelaku UKM Mabar untuk mengajukan kredit tanpa agunan plus tanpa bunga melalui program kredit merdeka.

Para kreditur sendiri merupakan anggota Kelompok Usaha Unitas yang telah melengkapi persyaratan administrasi sesuai permintaan pihak Bank. Untuk tahap satu lanjut Candi, proses pencairan sudah  berlangsung sejak Selasa (20/10) dengan jumlah kreditur kelompok usaha sebanyak kurang lebih 7 (Tujuh) orang sedangkan tahap selanjutnya akan berlanjut pada bulan berikutnya

Baca juga :  Insan Bumi Mandiri Bantu Warga Pulau Komodo Bangun Masjid Pertama

“Kolaborasi tersebut dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi pelaku usaha yang sudah tergabung dalam Akunitas Mabar”, ungkap Ketua Akunitas Mabar, Candy Mayangsari Latubatara kepada awak media di Labuan Bajo, Rabu (21/10/2020) .

Sebelumnya, Akunitas telah menjalin kerja sama dengan Bank NTT pada setiap kesempatan baik kredit usaha maupun pameran disetiap kesempatan. Bank NTT juga saat ini sedang mempersiapkan bantuan fasilitasi pelaku usaha Akunitas yang akan mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terkait merk, paten dan design industri seperti logo tempat usaha dan sejenisnya.

Tetkait kegiatan ini, kata Ketua Akunitas Mabar, akan berlangsung bersamaan dengan pencairan tahap dua bantuan kredit usaha merdeka Bank NTT pada November mendatang.

Baca juga :  Diresmikan, KMP Garda Maritim 3 Lintas Kupang-Rote

“Untuk tahap dua Akunitas Mabar dan Bank NTT sedang persiapkan 25 orang pelaku usaha yang akan terima bantuan kredit merdeka. Semuanya menjadi total kurang lebih 35 orang penerima bantuan ini”, kata Candi Latubatara.

Menurut dia, para kreditur  telah memenuhi kriteria dan menjadi potensial debitur Bank NTT Cabang Labuan Bajo saat ini.

“Dalam rangka meningkatkan peran UKM sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi dan penyerap tenaga kerja pada masa pandemi Covid-19, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembiayaan UKM dengan memberikan kemudahan akses dan salah satunya adalah kredit tanpa agunan atau kredit merdeka yang dilakukan oleh Bank NTT saat ini”, tutupnya. (lom)