Bupati Nagekeo Sambangi Komunitas Wisata Gua Jepang Rane

MBAY, NTT PEMBAHARUAN.com– Bupati Nagekeo,  Johanes Don Bosco Do didampingi Camat Aesesa, Oskar Sina, Rabu (14/10/2020) mengambangi Komunitas Objek Wisata Gua Jepang Rane di Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Komunitas Gua Jepang Rane adalah kumpulan anak –anak muda Kampung Kofesa, Desa Aeramo, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo yang peduli terhadap objek wisata sejarah Gua Jepang Rane yang ada di desa tersebut.

Anak-anak muda yang tergabung dalam Komunitas Gua Jepang Rane itu berjumlah 30 orang. Komunitas ini melakukan pembersihan dan menata situs Gua Jepang Rane, memelihara kelestarian dan keaslian gua  tersebut sehingga bisa menjadi tempat wisata yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca juga :  Dua Pasien Covid-19 di Nagekeo Meninggal Dunia

Dalam kunjungan itu, Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do menyampaikan apresiasi terhadap kreativitas Komunitas Gua Jepang Rane, yang peduli terhadap Objek Wisata Gua Jepang Rane.

Don Bosco berharap, agar kreativitas anak –anak muda Kofesa yang tergabung dalam Komunitas Gua Jepang Rane itu bisa diperhatikan oleh pemerintah melalui pemerintah desa, dan pemerintah kecamatan.

Ia berjanji, Pemerintah Kabupaten Nagekeo juga  akan mendukung kegiatan yang dilakukan Komunitas Gua Jepang Rane   dengan mendatangkan desainer yang profesional untuk menata dan mendesain wisata gua tersebut.

Sementara itu, Camat Aesesa, Oskar Sina mengakui,  selama ini pihaknya telah mensupport mereka (Komunitas Gua Jepang Rane,red) dalam bentuk berdiskusi dan membina serta memberikan fasilitas untuk bisa diberdayakan.

Baca juga :  David Selan Kembali Menahkodai UPG 45 NTT

Karena itu, ia minta kepada Bappeda dan Dinas Pariwisata Nagekeo untuk mendesain dengan baik kawasan tersebut, sehingga bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal, nusantara dan mancanegara. (mat)