KPUD Nagekeo Gelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Berkelanjutan

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD)  Kabupaten Nagekeo menggelar rapat pleno penetapan daftar pemilih berkelanjutan untuk bulan September 2020 di Aula Kantor KPUD setempat, Kamis (1/10/2020).

Rapat pleno tersebut dihadiri 5 Komosiner KPUD Nagekeo, Komosiner Bawaslu Nagekeo,  Perwakilan dari Dinas Kependudukan Nagekeo, utusan partai politik (Parpol) dan pers.

Dalam rapat pleno tersebut,  Komisioner KPUD Nagekeo memaparkan, bahwa wajib pilih di Kabupaten Nagekeo, sebanyak 105.081 orang.   Jumlah wajib pilih itu terus dilakukan evaluasi dan sosialisasi agar pada saat pemilu berlangsung nanti,  tidak lagi terdapat kesalahan administrasi pemilih sehingga dapat meningkatkan partisipasi pemilih.

Quirinus Eleuterius, Komisioner KPUD Nagekeo mengatakan, penetapan dan perbaikan data pemilih menjadi agenda rutin tiap bulan agar data pemilih terus diperbaharui. Jumlah pemilih Kabupaten Nagekeo  per-hari ini (Kamis,1/10/2020,red) sebanyak  105.081 pemilih. KPUD terus berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan semua pihak untuk terus memperbaiki data pemilih.

Baca juga :  KPU Tetapkan Bupati dan Wabup Terpilih Mabar

Sosialisasi pendidikan pemilih fokusnya pemilih pemula, dengan sasaransekolah dan perguruan tinggi serta sosialisasi daftar pemilih tambahan ke setiap kecamatan.

Mikel Angelo , Komisioner KPUD Nagekeo juga mengatakan, turunnya partisipasi pemilih karena kurangnya kesadaran  masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan. Hal ini menyulitkan KPUD dalam mendeteksi dan mendata secara keseluruhan pemilih. Pengurusan KTP akan meningkat di saat Pemilu, dan biasanya dibawa oleh oknum-oknum anggota Parpol, kata Mikel. (mat)