Menkominfo Fasilitasi Super WiFi Bagi Masyarakat Mabar

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Menteri Komunikasi dan Informatika  (Menkominfo) Republik Indonesia, Johnny Gerard Plate (JGP) memfasilitasi super WiFi bagi masyarakat Manggarai Barat, khususnya di Kota Labuan Bajo.

Janji itu disampaikan Menkominfo, Johny Plate saat melakukan kunjungan kerja (Kunker)  di Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (24/9/2020).  Dalam kunjungan itu, Johny Plate didampingi Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi (JNS).

Menteri Johnny G. plate mengungkapkan fasilitas super WiFi di Labuan Bajo diharapkan dapat membantu masyarakat yang masih kesulitan mengakses informasi melalui jaringan internet. Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan peninjauan salah satu titik super WiFi di halaman Masjid Nurul Huda Gorontalo, Kota Labuan Bajo, Kamis (24/9/2020).

Baca juga :  Pasca Sarjana Undana Kupang Minta Dukungan Pemprov NTT

“Super Wifi ini hadir untuk mendukung pariwisata super premium Labuan Bajo yang menjadi bagian penting dalam menunjang  pariwisata di NTT,” ujarnya.

Ia menyebutkan , ada 23 spot (pilot project) super WiFi di Kota Labuan Bajo, dan  ini merupakan super WiFi pertama di Indonesia dengan jangkauan radius mencapai 500 meter.   Dimana, 20 diantaranya sudah aktif dan 3 sementara dipasang.

“Jika  ini sukses, kita akan bangun  lagi di daerah lainnya. Diharapkan super WiFi tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan ekonomi, sosial, politik dan pertahanan. Walaupun dalam keadaan pandemi Covid- 19, namun  kita terus mendorong akselerasi dan transformasi digital. Hal ini wujud dari bagaimana sektor informasi dan komunikasi yang bertumbuh positif di saat sektor-sektor lain mengalami kontraksi atau pertumbuhannya negatif,” tandas Johny Plate.

Baca juga :  Cegah Penularan Covid-19, Polres Mabar Batasi Jam Malam Hingga Pukul 21.00 Wita

Di quartel 1, kata Johny,  pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi yaitu 9,06% dan di quartel ke- 2 naik 2 digit men jadi 10,88% di saat yang sama hanya ada 1 sektor lainnya yang masih positif yaitu sektor pertanian dengan tantangan yang begitu besar.

Sementara itu, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Josef  Nae Soi  dalam kunjungan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden RI yang begitu konsen membangun Labuan Bajo pasca ditetapkannya sebagai destinasi wisata super premium diikuti dengan super WiFi.

“Saya bersama Pak Gubernur  menyampaikan terima kasih kepada Bapak Presiden RI yang sudah melihat NTT secara komprehensif dengan ditetapkannya Labuan Bajo sebagai  destinasi wisata super premium dan saat ini juga apresiasi kepada Menkominfo yang menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan membangun super WiFi di Labuan Bajo.” ujarnya. (Biro Humas dan Protokol Setda NTT/ade)