30 Persen Pasien Covid-19 di NTT Transmisi Lokal

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Dari  hasil rekapitulasi data pasien Covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga Selasa, 15 September 2020 sebanyak 289 kasus. Yang meninggal dunia sebanyak lima orang.

Rinciannya, 185 orang laki – laki dan 104 orang perempuan. Dari jumlah itu, 71 persennya adalah kelompok tertentu atau pelaku perjalanan dan 30 persen adalah transmisi lokal, sementara yang melakukan kegiatan tertentu seperti pesta dan lainnya sebanyak 7 persen, beber Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, dr. Messe Ataupah didampingi Sekretaris Satgas Covid-19 NTT, dr. Domi Minggu Mere dan Karo Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Jelamu A. Marius saat  memberikan keterangan pers  di Kantor Gubernur NTT, Rabu (16/9/2020)

Baca juga :  Kesulitan Biaya, Jasad Almarhumah Siti Hawa Masih Tertahan di Bali

Secara keseluruhan untuk NTT, sebut Messe,  sebanyak 13.366 orang yang dilakukan rapid test dengan hasil reaktif sebanyak 574 orang atau 4 persen, sedangkan 96 persen non reaktif. Sementara, hasil swab dari 574 reaktif  ini 80 persen negatif, 8 persen positif dan 11 persennya masih menunggu hasil.

Artinya, kata Messe, dari hasil swab positifnya hanya sedikit. Untuk di Kabupaten Ende, lanjut Messe, pasien positif corona meningkat tajam dan  itu berasal dari  kelompok tertentu atau pelaku perjalanan, sementara transmisi lokalnya sangat sedikit.(ade)