Gubernur NTT : Kehadiran Kepolisian, Kejaksaan dan TNI Harus Mensejahterakan Masyarakat

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meminta jajaran Kepolisian, Kejaksaan dan TNI yang bertugas di NTT untuk bersinergi sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing menuju pembangunan yang optimal dan mensejahterahkan masyarakat NTT.

Harapan itu disampaikan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat  beraudiensi dengan Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum di Ruang Kerja Gubernur NTT,  Senin (14/9/2020).

“Kita mesti duduk bersama. Dalam hal ini Gubernur, Kapolda, Kejati dan TNI agar kita memiliki persepsi yang sama untuk optimalisasi pembangunan guna mensejahterakan masyarakat NTT. Apalagi di masa sulit sekarang ini, di saat daerah lain khawatir dengan Covid- 19 yang melanda dunia dan tidak bekerja. Kita di NTT tetap mematuhi protokol Covid- 19,namun harus juga bekerja lebih keras untuk mengejar ketertinggalan kita,” ujar VBL.

Baca juga :  Gubernur NTT Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan ke Kabupaten Kupang

Terkait anggaran pengamanan Pilkada, Gubernur mengungkapkan, Pemprov NTT tetap mendukung Polda NTT selama yang dilakukan adalah untuk kepentingan bersama. Terlebih berkaitan tentang keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk penganggaran, prinsipnya kami siap mendukung selama anggaran tersebut tidak masuk dalam kategori anggaran rutin karena ada regulasi yang mengaturnya. Perlu pemantauan terhadap 2 kabupaten dari 9 kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada yaitu Kabupaten Manggarai dan Sumba Barat agar pelaksanaannya (Pemilukada) tetap kondusif,” jelas Gubernur Viktor

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur juga menghimbau masyarakat  agar tetap menjaga dan memperkuat imunitas tubuh serta mematuhi protokol Covid- 19.

“Saya dalam keadaan sehat dan terus  mencermati serius perkembangan virus ini (Covid- 19) di NTT. Saya menghimbau kepada masyarakat NTT agar menghadapi virus, tetap mematuhi protokol Covid- 19 dan yang terpenting adalah menjaga imunitas pribadi dan keluarga,”tegas Gubernur VBL

Baca juga :  Gubernur VBL : Gereja dan Pendidikan Harus Seirama

Sementara itu, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH, M.Hum menyatakan siap mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT,  yaitu pariwisata sebagai lokomotif pembangunan di NTT, pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak di 9 kabupaten, penanganan covid- 19 dengan menganut prinsip-prinsip preventif dan humanis.

“Pak Gubernur, atas penugasan yang diberikan kepada kami untuk mengabdi di NTT, prinsipnya kami siap mendukung  pelaksanaan pembangunan di NTT. Tentunya berkaitan dengan pariwisata, kami telah menghimbau kepada seluruh jajaran  Polda NTT agar menjadi agen promosi pariwisata NTT. Berkaitan dengan Pemilukada serentak yang dilakukan di 9 Kabupaten,   kami tetap kawal dengan baik agar pelaksanaannya aman dan kondusif. Sedangkan penanganan Covid -19 tetap kami himbau seluruh elemen pelaku pembangunan agar tetap mematuhi protokol Covid- 19. Tentunya semua ini kami lakukan dalam prinsip prenventif dan humanis,” ujar Latif. (ade/*)