LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com-  Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (4/9/2020). Kunjungan ini dalam rangka memastikan secara langsung komitmen pembangunan pemerintah  terealisasi di lapangan dan kendala- kendala yang dihadapi dalam pelaksanaanya.

Di Mabar, Gubernur VBL bersama rombongannya melakukan peninjauan ruas jalan provinsi, pertemuan bersama semua jenjang pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Boleng, Kecamatan Pacar, Kecamatan Kuwus Barat didampingi Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Edi Endi.

Dalam pertemuan dengan masyarakat, Gubernur Viktor  mengajak semua elemen untuk serius dalam membangun daerah, khususnya Manggarai Barat dengan bekerja tidak hanya dengan tahu tapi juga paham, yang dimulai dari pemerintah daerah  dan masyarakatnya.

Gubernur Laiskodat berharap agar semua pembangunan, salah satunya infrasruktur jalan seperti yang dirasakan saat ini dapat memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Manggarai barat.

“Saya harapkan pembangunan infrastuktur ini juga dapat menjadi stimulus bagi pembangunan ekonomi. Saya yakin geliat ekonomi di daerah ini akan maju luar biasa dan dipastikan semua jalan di NTT,  paling lambat Tahun 2022 sudah selesai dikerjakan,” janji Gubernur VBL.

Baca juga :  Ketua DPC Partai Demokrat Mabar Minta Pemda Perhatikan ODGJ

Gubernur VBL juga menyinggung soal permasalahan ketersediaan listrik, air, dan jaringan komunikasi yang masih kurang di Manggarai Barat.

“Kita masih bicara tentang jalan yang rusak, air yang terbatas, listrik yang tidak ada, signal yang tidak ada. Ini adalah kebutuhan yang harus kita penuhi dan kita harus mengejar ketertinggalan ini, karena itu dengan otoritas yang diberikan masyarakat kepada saya sebagai Gubernur maka koordinasi dan kerja lintas sektor kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan ini,” tandas Laiskodat.

VBL juga menyinggung kekayaan sumber daya alam yang sangat besar bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Manggarai Barat karena memiliki kopi terbaik yang sangat terkenal di tingkat dunia.

“Kita punya perkebunan yang luar biasa, baik itu coklat dan kopi yang merupakan kopi terbaik di dunia, namun kita tidak boleh hanya jual bahan baku saja, tapi kita juga harus mampu menyediakan industrinya,” tutur Gubernur Viktor.

Baca juga :  Gubernur Minta Gereja Berkolaborasi Bangun Jemaat

Ia berharap, masyarakat Manggarai Barat mesti memiliki jiwa kewirausahaan karena Manggarai Barat merupakan salah satu pariwisata super prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Karena itu, ia selalu mengingatkan kepada masyarakat sekitar daerah tersebut untuk tidak menjual tanah kepada orang luar. Tetapi dapat melihat ini sebagai peluang bisnis yang bagus dengan membuka usaha seperti menyediakan rest area bagi para pengunjung, baik domestik maupun mancanegara sehingga mereka dapat menikmati keindahan alam di Manggarai Barat dengan nyaman.“Tanah ini adalah aset berharga milik kita, oleh karena itu saya minta jangan pernah dijual. Cukup disewakan saja kepada orang yang ingin usaha di tanah ibu dan bapak sekalian serta biarkan generasi-generasi setelah kita tetap menjadi pewaris atas tanah di daerah ini,” tegas Gubernur VBL.

Untuk menunjang pariwisata di daerah tersebut, lanjut dia, akan dibuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata, sehingga dapat mempersiapkan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih terampil dan profesional.

“Saya tidak mau bangun SMA di sini, tetapi saya akan sediakan SMK Pariwisata agar anak-anak kita mempunyai keterampilan dan keahlian dalam bidang pariwisata,” pungkas VBL.

Baca juga :  Gubernur Lantik Bupati/Wabup SaRai dan Bupati Lembata

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Edi Endi menyampaikan terima kasih atas kedatangan Gubenur NTT beserta rombongannya.

Edi berharap dengan Kunker Gubernur VBL kali ini, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan arahan-arahan yang bisa memotivasi dan  membangun sehingga Manggarai Barat semakin maju dan berkembang, tidak saja hanya di Labuan bajo, tapi juga di kecamatan-kecamatan lainnya yang berpotensi untuk maju dan berkembang.

Ikut hadir bersama Gubernur VBL, staf ahli, para staf khusus, sejumlah  Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi NTT, dan unsur TNI/Polri Kabupaten Manggarai Barat. (ade/*)