Antisipasi Bahaya Kebakaran, UIW NTT Gandeng Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Kupang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Melihat prakiraan cuaca dari BMKG sepekan ini cuaca cukup panas dan  potensi angin kencang di beberapa wilayah di Nusa Tenggara Timur.

Pejabat Pengendali K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja , Keamanan dan Lingkungan), I Made Arya Sukadana bersama Tim Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Kupang melakukan langkah antisipasi dengan memberikan pelatihan penanggulangan tanggap darurat kebakaran bertempat di Kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTT, Jumat  (4/9/2020).

Made Arya mengatakan, simulasi tanggap darurat ini dilakukan untuk menyegarkan kembali keterampilan seluruh karyawan untuk antisipasi bahaya kebakaran. “PLN memiliki tim tanggap darurat yang terbagi dalam beberapa bagian seperti tim evakuasi karyawan, tim evakuasi dokumen, tim pengamanan kerusuhan, tim P3K, dan tim hydrant dan kami akan terus melakukan berulang-ulang. Disisi lain, kami juga rutin dengan pengecekan kondisi kelayakan apar setiap bulan sekali, kesiapan hydrant setiap minggu dan menempatkan apar di beberapa titik vital dalam unit kerja PLN. Kita semua tetap siaga dan berdoa agar dijauhkan dari segala musibah,” ujarnya.

Baca juga :  Fransiskus Sodo Jadi Sekda Mabar

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas SDM Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang, Frids Alexander Kodji, S.E mengatakan , simulasi tanggap darurat ini penting karena dalam rangka penguatan kelembagaan Tim PLN,  khususnya K3 dan seluruh karyawan PLN paham dan tahu prosedur pelatihan penanggulangan tanggap darurat kebakaran.

Ia berharap, dengan adanya simulasi pegawai akan semakin lebih tanggap dalam menghadapi bahaya kebakaran baik  secara manual, apar, dan hydrant. (ade/*)