Jelang Pilkada, Polres Mabar Tingkatkan Koordinasi Pengamanan

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com– Mewujudkan Pemilukada Manggaarai Barat (Mabar) yang aman dan kondusif, Kepolisian Resort Manggaarai Barat (Polres Mabar), menggelar rapat koordinasi  (Rakor) bersama jajaran Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di ruang Kapolres Mabar, Senin (24/8/2020).

Agenda rapat dimaksud berkaitan dengan persiapan kegiatan pengamanan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati akan digelar serentak pada 9 Desember 2020, namun jauh sebelum pencoblosan tentu ada beberapa tahapan yang perlu mendapatkan perhatian dan pengamanan demi suksesnya pelaksanaan Pilkada yang aman & lancar,” kata Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si, Senin (24/8/2020).

Baca juga :  Perbankan Harus Serius Bangun Perekonomian NTT

Dikatakannya, untuk mematangkan berbagai persiapan pengamanan pada seluruh tahapan Pilkada di daerah itu, pihaknya secara aktif melakukan koordinasi lintas stakeholder baik dengan pemerintah daerah maupun pihak terkait pada tataran penyelenggara dan pengawas Pemilukada.

“Hari ini (Senin,24/8/2020,red),  kami menerima kunjungan Ketua KPUD dan Bawaslu Kabupaten Manggarai Barat bersama staf untuk silaturahim sekaligus berkoordinasi,” tutur Mantan Kapolres Rote Ndao itu.

Sebagai Kapolres Manggarai Barat yang baru, Bambang Hari Wibowo juga berharap agar silaturahmi tersebut bisa memberi dampak positif hingga terjalin hubungan baik antar penyelenggara dan pengawas pemilu di wilayah itu.

Kepada jajaran pengawas dan penyelenggara pemilu, diingatkannya  ia mengingatkan untuk secara rutin meningkatkan kerja sama dengan berkolaborasi, berkomunikasi, dan berkoordinasi dengan tujuan menciptakan pesta demokrasi yang aman dan damai.

Baca juga :  NTT Juara Umum API V 2020

Ia meminta Bawaslu dan KPUD setempat untuk selalu waspada terhadap setiap pemicu kerawanan termasuk tidak termakan oleh berita bohong atau hoaks.

“Di tengah pandemi Covid-19, hendaknya personel Bawaslu dan KPUD tetap menjalankan protokol kesehatan, budaya menggunakan masker, tidak berkerumun dalam jumlah besar, budaya mencuci tangan, menjaga jarak. Kami juga terus mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin dan patuh sebagai upaya kita bersama memutus mata rantai penyebaran virus corona” imbuhnya.

Sebagai wujud dukungan, pihaknya bersama Forkompimda, para tokoh adat dan agama dan seluruh elemen masyarakat se- Kabupaten Manggarai Barat siap mengamankan jalannya Pilkada 2020 dengan lancar dan aman.(lom)