Dirut PD Pasar : Lokasi Kebakaran Tidak Masuk Dalam Area Pasar Oeba

KUPANG,NTT PEMBARUAN.com- Direktur Utama Perusahaan Daerah (Dirut PD) Pasar Kota Kupang, Kardinad L.Kale Lena,SH mengaku, lokasi kebakaran yang terjadi di Jalan Alor, Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Selasa (18/8/2020) malam tidak masuk dalam area Pasar Oeba.

“Berdasarkan hasil telaahan kami, lokasi kebakaran tidak masuk dalam  area Pasar Oeba,” kata Direktur Utama Perusahaan Daerah (Dirut PD) Pasar Kota Kupang, Kardinad L.Kale Lena,SH kepada media ini di ruang kerjanya, Rabu (19/8/2020).

Peristiwa itu menyebabkan dua bangunan kios penjual sembilan bahan pokok (Sembako)  dan satu bangunan toko Sembako hangus terbakar. Peristiwa terjadi  mulai pukul 20.00 Wita, dan baru diketahui  secara luas oleh masyarakat pukul 20.30 Wita.

Baca juga :  Warga Terdampak Siklon Tropis Seroja di Desa Mata Air dan Noelbaki Terima Sembako

Dua bangunan kios Sembako yang terbakar saat itu, masing-masing, milik  Ambo Aceng dan Paman Sudi. Sedangkan, satu bangunan ruko/toko Sembako milik Ambo Tua . Api  baru dapat dipadamkan pukul 22.00 Wita berkat bantuan empat unit mobil pemadaman kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota Kupang dan mobil  Water Canon milik Brimod Polda NTT.

Ketika ditanya sumber apinya, kata Kale Lena, menurut sejumlah saksi mata yang melihat saat kejadian sumber apinya berasal dari salah satu kios Sembako di sekitar Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Inilah lokasi kebakaran di dekat Pasar Oeba, Jalan Aor, Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (18/8/2020) malam.

Dalam peristiwa itu, tidak ada korban jiwa, dan luka-luka. Sedangkan, kerugian materil yang dialami para pemilik kios dan ruko/toko Sembako, ia belum tahu persis karena itu urusan para pemiliknya masing—masing.

Baca juga :  Berhasil Evakuasi Sebuah Perahu, Emi : Terima Kasih Atas Tugas Kemanusian yang Dilaksanakan

Terhadap kondisi itu, ia menghimbau kepada para pedagang di Pasar Oeba yang berdekatan dengan lokasi kebakaran untuk sementara  tidak boleh menjual di sepanjang pinggir jalan, sehingga arus transportasi keluar masuk orang dan kendaraan tidak terjadi antrean panjang. (ade)