ENDE, NTT PEMBARUAN.com- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Josef Nae Soi, M.M saat membuka Festival Danau Kelimutu dan Pelangi Nusantara 2020 Serta Peresmian Paralayang di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Rabu (12/8/2020) mengatakan, pariwisata punya manfaat besar bagi ekonomi NTT.

Provinsi NTT dikenal dengan destinasi-destinasi pariwisata terbaik dan menjadi daya tarik bagi turis mancanegara. Hal tersebut sangat berpeluang sektor pariwisata berperan dalam peningkatan ekonomi di NTT.

“Kita di NTT ini dikenal sebagai New Teritory Tourism. Dunia sudah tahu tentang itu, maka tentu akan menjadi poros penggerak utama mata rantai nilai ekonomi di NTT. Untuk itu, kita harus mendukung dengan 5A  yakni, Atraktif, Akomodasi, Aksesbilitas, Amenities dan Awareness,” sebut Wagub Nae Soi.

Baca juga :  Kantor LL Dikti Wilayah XV NTT Dibangun Tahun 2022

“Di tempat bersejarah ini sebagai tempat lahirnya Pancasila, saya mau agar kita bisa menjaga keragaman yang ada. Kita rayakan dengan semangat Pancasila  dan semangat kesatuan,” imbuhnya.

Sementara itu Bupati Ende, H. Djafar H. Ahmad mengatakan, terima kasih kepada Pemprov NTT yang sudah mendukung digelarnya festival kelimutu.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemprov NTT yang sudah mendukung kegiatan ini. Setiap bulan Agustus kegiatan seperti ini, kami juga melibatkan mosa laki dari 21 kecamatan di Kabupaten Ende,” ujarnya.

Bupati Djafar juga menyampaikan limpah terima kasih kepada TNI Angkatan Udara yang sudah mempercayakan Kabupaten Ende sebagai tuan rumah Pelangi Nusantara 2020 yang disatukan dengan peresmian paralayang, semoga hal ini akan menambah minat pariwisata dan juga akan mendukung pariwisata sebagai penggerak utama ekonomi NTT.

Baca juga :  Pemdes Gurung Didorong Untuk Buka Jalan Baru Menuju SMKN 2 Welak

Sementara itu, Aspotdirga TNI AU, Irawan Nurhadi mengatakan, Pelangi Nusantara 2020 dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta dan keakraban masyarakat pada TNI Angkatan Udara. “Pelangi Nusantara adalah untuk mendekatkan diri masyarakat dan TNI Angkatan Udara dengan tujuan mensosialisasikan kesadaran bela negara,” kata Irawan.

Ia menginginkan, agar Kabupaten Ende tetap tangguh dalam pembangunan, mengembangkan pariwisata,  dan masyarakatnya tetap mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.  Pelangi Nusantara 2020 tersebut diisi dengan wahana dirgantara, yakni atraksi paralayang dan paramotor di Bukit Kezimara, Ende Utara oleh TNI AU.

Setelah acara tersebut,  Wagub Nae Soi mengunjungi Taman Renungan Soekarno, Rumah Pengasingan Soekarno, kemudian meresmikan dan menyaksikan Paralayang Kezi Mara, mengikuti ritual adat Wela Kamba dan melanjutkan perjalanan ke Nangaroro, Kabupaten Nagekeo. (ade/*)