Akunitas, Cikal Bakal UMKM Mabar Resmi Terbentuk

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur terbentuk, setelah Bupati Manggarai Barat, Drs. Agustinus Ch Dula resmi melantik badan pengurus Akunitas sebagai wadah yang menaungi para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) pada Senin (29/6/2020) siang.

Kepada sejumlah awak media, Ketua Akunitas Mabar, Candi Mayangsari Latubatara menjelaskan, cikal bakal lahirnya Akunitas di kota ujung barat pulau Flores tersebut, tidak terlepas dari upaya memperkuat posisi pelaku usaha kecil menengah paska ditetapkannya era new normal pendemi Covid-19 di wilayah itu.

“Dalam perencanaan ke depannya, Akunitas bersama pemerintah dan stakeholder terkait akan melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan, pendampingan, akses modal, akses pasar hingga melakukan promosi di berbagai kesempatan,”papar Candi Mayangsari melalui siaran pers Divisi Humas Asosiasi Kelompok Usaha Unitas Manggaarai Barat 2020-2022 yang diterima media ini, Senin (29/6/2020).

Baca juga :  Minta Bangun SMKN, Kades Wewa Didampingi AG Serahkan Proposal ke Wagub NTT

Ketua Akunitas Candi Mayangsari mengatakan, pembentukan Asosiasi Kelompok Usaha Unitas ini, tidak terlepas dari tugas serta misi yang diemban, yakni  mewujudkan cita-cita bagi setiap pelaku usaha menuju kemandirian dengan daya saing yang kuat dalam rangka menciptakan pilar ekonomi usaha. Hal ini tentu  berdampak positif bagi setiap pelaku UMKM.

“Untuk mewujudkan ini tentu tidak mudah, karena itu tugas Akunitas ke depanya adalah mendorong peningkatkan kualitas produk dan usaha melalui berbagai program pelatihan dan pendampingan termasuk menjalin kemitraan dan permodalan dengan berbagai institusi”, terangnya.

Hal menarik lain yang tidak kalah penting, kata Candi Mayangsari adalah peningkatan grade bagi setiap usaha. Karena itu, ia berharap kepada setiap pelaku usaha kecil dan menengah untuk memanfaatkan setiap momentum yang ada dalam rangka peningkatan sumber daya dan usaha mereka.

Baca juga :  Samuel Bia Hilang Saat Mencari Ikan di Pantai Boking

“Posisi Akunitas antara lain menjembatani para pelaku usaha dengan para pihak. Ini harus dimanfaatkan dengan baik terutama dalam rangka menghadapi persaingan pasar di era digital seperti saat ini”, pungkasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Manggarai Barat ,Drs. Agustinus Ch Dula, Wakil Bupati Mabar, drh. Maria Geong, p.hD,  Pelaksana Harian (Plh) Sekda Mabar, Ismail Surdi, Ketua DPRD Manggarai Barat, Editasius Endi,  Kadis Perindagkop dan UKM Mabar, Fransiskus Syukur, Kadis Pariwisata dan Budaya Mabar, Agustinus Rinus, Kadis Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Mabar, Ir. Abdurahman Ishaka dan sejumlah pejabat lingkup Setda Mabar termasuk perbankan serta insan pers. (ade/*)