Wabup Kupang Ingatkan Masyarakat Manfaatkan BLT Dana Desa Secara Baik

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com– Wakil Bupati (Wabup) Kupang, Jerry Manafe mengingatkan masyarakat untuk dapat memanfaatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) secara arif dan bijaksana untuk keperluan keluarga.

Harapan itu disampaikan Wabup Kupang, Jerry Manafe saat pembagian BLT dana desa tahap II di Desa Merbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Jumat ( 26/6/2020).

Turut hadir dalam kegiatan pembagian BLT dana desa tersebut sejumlah pejabat lingkup Pemkab Kupang diantaranya Kadis Sosial Kabupaten Kupang, Yohanis Masneno, Kadis PMD Kabupaten Kupang, Charles Panie, Kadis Perindag Kabupaten Kupang, Adriel Abineno dan Kabag Humas Setda Kabupaten Kupang, Martha Para Ede.

Wabup Jerry mengharapkan pemberian BLT dana desa ini tidak menimbulkan masalah dalam penyalurannya dan harus tepat sasaran.

“Saya harap bantuan ini tepat sasaran bagi masyarakat yang membutuhkan. Jangan sampai ada yang tidak berhak dapat justru mendapatkan, dan yang berhak mendapatkan justru tidak mendapatkan,” kata Wabup Manafe yang diterima media ini melalui siaran pers Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kupang, Jumat (26/6/2020).

Baca juga :  Terkait Jalan Yang Rusak di Matani, Tujuh Tomas Akan Temui Bupati Kupang

Dirinya juga mengharapkan tidak ada data ganda penerima bantuan-bantuan sehingga penyaluran kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.  Kepada perangkat desa ,Wabup Jerry  ingatkan untuk tidak boleh ada pungutan dalam bentuk apapun, dalam jumlah berapapun karena pemberian BLT ini murni untuk masyarakat.

“Saya ingatkan Kades dan petugas jangan ada potong-potong dengan alasan apapun, ini hak masyarakat tolong diberikan utuh,” jelas Jerry. Terkait dengan kondisi di Kabupaten Kupang yang masih terkategori zona hijau, dirinya mengajak masyarakat untuk bersyukur kepada Tuhan seraya terus berhati-hati dan menjaga kesehatan agar jangan sampai ada penyebaran lokal.

Menurut Jerry, sebagai wilayah yang diapit Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)  dan Kota Kupang yang sudah ada kasusnya, masyarakat Kabupaten Kupang perlu waspada dan berhati-hati. Perangkat desa diminta untuk menjaga keamanan desa dan terus mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga kesehatan keluarga, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Baca juga :  Terkait Pembayaran Kesra, SMAN I Macang Pacar Belum Kirim Daftar Hadir Guru

Beberapa hal lain yang disampaikan Jerry  adalah perlu memperhatikan PMI yang datang di Kabupaten Kupang agar tidak berkeliaran dan mengisolasi diri hingga dinyatakan aman. Tak lupa juga dirinya menyoroti persoalan kesehatan dengan meminta para Kades mengalokasikan dana untuk membayar tenaga kontrak desa di bidang kesehatan ,seperti tenaga bidan, perawat dan kesling sehingga dapat membantu peningkatan kualitas kesehatan di desa.

Sementara, Kadis Sosial Kabupaten Kupang, Yohanis Masneno pada kesempatan tersebut mengatakan, bantuan pemerintah meliputi BST dari Kemensos dan BLT dana desa ditambah dengan penerima PKH, Sembako diberikan dalam rangka membantu masyarakat.

Dijelaskan bahwa ada beberapa kriteria penerima diantaranya KK miskin, tidak mampu dan terdampak covid-19 menjadi perhatian khusus. Sementara bagi PNS, TNI-Polri, pensiunan dan honor daerah tidak diizinkan menerima karena perbulannya menerima gaji rutin.

Baca juga :  Perlunya Keseriusan Semua Pihak Untuk Menghapus Praktek Prostitusi di NTT

Dirinya pada kesempatan tersebut menghimbau agar masyarakat memproses data keluarga secara baik di kependudukan mengingat kendala yang sering dihadapi masyarakat ialah masih banyak masyarakat yang belum memiliki KK terbaru yang aktif. Untuk periode April s/d  Juni 2020 diberikan bantuan seebsar Rp 600.000/KK/bulan, sementara bulan Juli s/d Desember diberikan sebesar Rp 300.000/KK/bulan. (ade/*)