Besok, Gubernur NTT Kunker ke Nagekeo

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Menurut rencana, Jumat, 26 Juni 2020 Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Nagekeo.

Kaepala Bagian Humas dan Protokol Setda Nagekeo, Silvester Teda kepada ini, Kamis (25/6/2020) mengatakan,  sesuai jadwal yang diterimanya dari bagian protokoler Provinsi NTT, Gubernur NTT bersama rombongannya akan start pukul 13.00 Wita dari Riung Kabupaten  Ngada melalui jalur utara  dan diperkirakan tiba di Mbay, Ibu Kota Kabupaten Nagekeo, Jumat, 26 Juni 2020 pukul 14.00 Wita.

Tiba di Mbay,  Gubernur VBL bersama rombongan langsung menuju Hotel Pepita  disambut oleh Bupati Nagekeo, Johanes don Bosco Do bersama para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Nagekeo.

Ikut dalam rombongan Gubernur VBL, sejumlah pejabat  Tingkat Provinsi NTT seperti Asisten Administrasi Setda NTT, Kosmas D. Lana,  4 orang staf khusus gubernur masing-masing, Imanuel E. Blegur, Pius Rengka, Anwar Pua Geno, Antonius P.Y. Jogo, Kepala Bappelitbangda NTT, Lecky F. Koli, Kaban Pendapatan dan Aset Daerah, Zet Sonny Libing, Kadis PUPR NTT, Maksi Y.E. Nenabu,  Kadis Kelautan dan Perikanan NTT, Ganef Wurgiyanto, Kadis Kesehatan NTT, Dominikus M. Mere, dan Kadis Sosial NTT, Messerassi  B.V. Ataupah.

Baca juga :  Gubernur NTT Minta Bupati Nagekeo Maksimalkan Potensi Pertanian dan Peternakan

Selanjutnya, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, I Wayan Darmawa,  Kadis Penanaman Modal dan PTSP NTT, Marsianus Jawa, Karo Organisasi Setda NTT, Bartholomeus Badar, Kabag Protokol Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Prisila Q. Parera  serta para pejabat dan staf terkait Lingkup Pemprov NTT.

Dalam Kunker Gubernur NTT itu, Bupati Nagekeo meminta dan kemudian terkonfirmasi dengan pihak protokol gubernur, bahwa beberapa pejabat dari Riung langsung menuju titik-titik tertentu untuk meninjau aktifitas pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Nagekeo sesuai sektor kewenangan masing-masing.

Kepala Bappelitbangda meninjau lokasi Agrowisata Pertanian Terpadu Lahan Kering Dhereisa, Kadis Kesehatan akan meninjau RSD Aeramo, Kadis Pariwisata akan meninjau destinasi budaya kampung adat Tutubhada, Kadis PU akan meninjau potensi ruas jalan Aemali-Danga, Kadis PMD PTSP akan meninjau lokasi indsutri garam Nggolonio dan sekitarnya masing-masing didampingi pimpinan dinas terkait di kabupaten.

Baca juga :  Menyongsong HUT ke-58 Bank NTT, Bank NTT Cabang Mbay Melakukan Bhakti Sosial

Pada pukul 19.00 Wita, Gubernur NTT bersama rombongan diundang jamuan makan malam (gala dinner) bersama di rumah jabatan Bupati Nagekeo.

Di samping acara makan malam, bupati dan para pimpinan daerah dan sejumlah perangkat daerah akan memanfaatkan kesempatan ini untuk berbincang-bincang santai dengan gubernur dan rombongan terkait pembangunan dan layanan kemasyarakatan di Kabupaten Nagekeo.

Selanjutnya, Sabtu, 27 Juni 2020, tepatnya  jam 09.00, Gubernur NTT dan rombongan akan melakukan tatap muka dengan bupati, para pimpinan daerah dan perangkatnya, utusan tokoh masyarakt, Direktur RSD Aeramo, para kepala puskesmas, para dokter dan tenaga kesehatan serta undangan lainnya berjumlah sekitar 200 orang yang terpusat di Pondok Tani KM 1 Tengah milik Bapak  Adrianus Lay.

Untuk mencegah  penyebaran Covid-19, maka setiap rangkaian kegiatan itu tetap mematuhi protokol kesehatan. Agenda utama gubernur di Nagekeo adalah pembinaan dan pengawasan pembangunan Provinsi NTT di kabupaten itu.

Dalam kunjungan itu nanti, Gubernur VBL akan menyerahkan secara simbolis  bantuan 5 ton beras, khusus kepada lembaga keagamaan dan sosial.  Sementara, panitia lokal kunjungan gubernur itu dikoordinir langsung Sekda Nagekeo, Lukas Mere.

Baca juga :  Laiskodat : Bekerja di Lapangan Harus Memiliki Rasa Cinta

Hingga berita ini diturunkan, panitia masih terus bekerja menuntaskan beberapa persiapan yang masih tersisa. Secara khusus, Bupati Nagekeo menaruh harapan akan pesan kunjungan kerja kali ini pada sektor pertanian dan pariwisata.

Bupati akan memperkenalkan arah dan fokus pembangunan pada upaya  peningkatan pendapatan petani dan penanganan infrastruktur serta optimalisasi  produktifitas padi sawah Irigasi Mbay dengan pola pendekatan padat karya sebagai model pemberdayaan, serta upaya-upaya lainnya yang penting dan strategis dalam menangani dampak Covid-19 di Kabupaten Nagekeo.

Acara ini diperkirakan selesai  sekitar  pukul 13.00 Gubernur VBL bersama rombongan meninggalkan Ibu Kota Mbay menuju Kabupaten Ende untuk kunjungan kerja selanjutnya. (mat/*)