Pemkab Kupang Akan Menata Kembali Pasar Oesao

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang akan menata kembali Pasar Oesao di Wilayah Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  dalam waktu dekat ini.

Janji itu disampaikan Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe,S.H,M.Th kepada wartawan, setelah melakukan pemantauan keliling Pasar Oesao termasuk lokasi terminal baru yang akan menampung sejumlah kendaraan angkutan pedesaan  atau mobil pick up di dekat lokasi Pasar Oesao, Selasa (23/6/2020)

“Jumlah lapak yang tersedia di dalam Pasar Oesao sebanyak 90 lapak, namun karena situasi Covid-19  tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, sehingga lapak yang dipakai saat ini hanya 45 lapak saja. Sedangkan yang dari luar mau masuk itu ada 22 lapak, masih tersisa 23 lapak yang masih kosong,” sebut Wabup Manafe.

Kepada para penjual di pinggir Jalan Utama Timor Raya, ia meminta Disperindag Kabupaten Kupang bekerjasama dengan Pol-PP Kabupaten Kupang untuk segera mengarahkan mereka masuk ke dalam pasar, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan umum.

Terkait masalah keamanan di dalam pasar, pihaknya meminta Pol-PP Kabupaten Kupang segera berkoordinasi dengan Kapolsek Kupang Timur, dan Koramil Kupang Timur untuk sama-sama melihat masalah tersebut.

Baca juga :  Pemkab Kupang dan Alfa Omega Tandatangan MoU Proyek Envision

“Untuk masalah penerangan, saya sudah siapkan 4 bola lampu sorot yang besar  masing-masing, 2 buah bola lampu dipasang di dalam pasar, dan 2 buah bola lampu dipasang di lokasi terminal yang secara teknisnya nanti akan dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kupang dalam waktu 1-2 hari ke depan, sehingga bisa menerangi pada malam hari dan meminimalisir pencurian,” kata Mantan Anggota DPRD dari Fraksi Golkar Kabupaten Kupang ini.

Sementara untuk kondisi jalan masuk pasar yang saat ini sudah rusak,  menurut Wabup Manafe, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kupang, Jhoni Nomseo telah melakukan pengukuran jalan dan rencananya akan dibangunkan  jalan hotmix bukan lapen, sehingga Pasar Oesao ini bisa menjadi salah satu pasar yang representatif untuk orang masuk keluar belanja.

Begitu pun soal kekurangan MCK di dalam pasar, yang saat ini hanya memiliki satu MCK saja,  tetapi karena jumlah orang cukup banyak maka, Pemkab Kupang akan membangun satu MCK lagi nanti.

Sedangkan untuk  penanganan sampah, pihaknya mengharapkan melalui Dinas Perumahan dan Tata Kota  bersama Dinas Kebersihan Kabupaten Kupang akan mengajukan pengadaan 10 unit countainer sampah lewat dana alokasi khusus (DAK)  atau dana pembantuan.

Baca juga :  Pemprov NTT dan Kejati NTT Dukung PPK Percepat Penyerapan Anggaran Covid-19

Sepuluh unit countainer sampah itu masing-masing, lima unit akan ditempatkan  di Pasar Oesao, dan lima unit lagi ditempatkan di Pasar Lili, sehingga pembuangan dan pengambilan sampahnya terpusat.

Kata Wabup Manafe, untuk  pengadaan tahun ini memang tidak mungkin karena adanya refocusing anggaran, sehingga banyak anggaran yang dipotong untuk penanggulangan wabah Covid-19.

“Mudah-mudahan tahun depan, sudah bisa masuk dan disetujui oleh DPRD Kabupaten Kupang  karena  countainer sampah itu tidak seberapa harganya. Sehingga kalau kita minta 10-20 unit pasti dikasi,” harap dia.

Berbelanja di Pasar Oesao
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe,S.H,M.Th bersama rombongannya saat berdialog dengan para pedagang  di Pasar Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  Selasa (23/6/2020)

Sementara itu, Sekda Kabupaten Kupang, Obed Laha menghimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Kupang kalau bisa setelah pulang kantor berbelanjalah di Pasar Oesao, seperti membeli sayur-sayuran, buah-buahan, telur ayam, ayam pedaging, beras dan sebagainya yang harganya lebih murah dibanding di pasar-pasar di Kota Kupang.

Himbauan Sekda Laha itu, sekaligus menjawab permintaan sejumlah pedagang di Pasar Oesao yang mengharapkan kalau bisa semua ASN Lingkup Pemkab Kupang setelah pulang kantor singgahlah berbelanja di pasar tersebut.

Baca juga :  Wabup Kupang : Manfaatkan Dana Desa Sesuai APBDes

“Nanti kita menghimbau semua ASN kalau bisa setelah pulang kantor singgah membeli sayur-sayuran dan buah-buahan di Pasar Oesao. Daripada belanja di Kota Kupang harganya lebih  mahal, lebih baik belanjalah di Pasar Oesao yang harganya lebih murah. Kita mengharapkan, kalau bisa sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota Kupang  berbelanja dulu  di Pasar Oesao,”imbuhnya.

Seperti disaksikan wartawan media ini, Wabup Jerry Manafe beserta rombongannya saat memantau Pasar Oesao, Selasa (23/6/2020) tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

Ikut mendampingi  rombongan Wabup Jerry Manafe saat itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Ny. Sofia Malelak De Haan, sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemkab Kupang, sejumlah Anggota Polsek Kupang Kupang Timur, sejumlah Anggota Koramil Kupang Timur dan para Babinsa yang bertugas di Wilayah Kecamatan Kupang Timur. (ade)