Wagub NTT Minta Pempus Buka Kembali Akses Transportasi ke NTT

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Josef A. Nae Soi dalam  rapat virtual dengan  para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional bersama  sejumlah kepala daerah se—Indonesia di ruang rapat Gubernur NTT, Jumat (19/6/2020) malam meminta pemerintah pusat (Pempus) untuk membuka kembali akses transportasi ke NTT.

Rapat tersebut khusus  membahas tentang pembukaan kembali tempat-tempat pariwisata di tanah air termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam rapat tersebut, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Panjaitan mendukung pembukaan kembali tempat pariwisata di NTT dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

“NTT telah siap membuka tempat wisatanya di Labuan Bajo dan Pulau Komodo, namun tetap disiplin dengan mengikuti protokol kesehatan,” ujar Luhut Panjaitan.

Baca juga :  Gubernur NTT : Musik Harus Dimaknai Sebagai Sebuah Pesan

Sementara itu,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusbandio  meminta agar  setiap daerah harus mempersiapkan secara baik pembukaan kembali tempat-tempat pariwisata. Standar Operasional Prosedur (SOP) dari  Menteri Kesehatan untuk pencegahan virus corona harus diperhatikan dengan baik.

“Pada saat seluruh tempat wisata ini telah siap, kita akan memprioritaskan para wisatawan domestik karena seluruh wisatawan domestik ini belum bisa keluar negeri. Sebaliknya, para wisatawan asing yang ingin ke Indonesia belum bisa juga,” ujar Menteri Pariwisata.

Lebih lanjut Wishnutama menguraikan, dari data  Tahun 2018 ada sekitar 8 juta wisatawan domestik yang keluar negeri. “Dengan belum dibukanya  akses keluar negeri, ini merupakan opportunity  atau kesempatan emas  bagi daerah-daerah untuk menarik seluruh wisatawan domestik agar dapat membantu  dalam memperbaiki pariwisata lokal kita yang sedang kurang baik saat ini akibat pandemi,” jelas Wishnutama.

Baca juga :  New Normal Covid-19, Dinas Dukcapil Kota Kupang Tetap Mematuhi Protokol Kesehatan

Menanggapi hal tersebut, Wagub NTT, Josef A.Nae Soi meminta pemerintah pusat untuk membuka kembali rute transportasi ke NTT. “Terima kasih untuk dukungan dan perhatian dari pemerintah pusat ini. Kami meminta agar hal tersebut diikuti dengan pembukaan kembali akses untuk semua penerbangan dan kapal laut dari luar ke NTT dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan,” pinta Wagub Nae Soi  dalam siaran pers Biro Humas dan Protokol Setda NTT yang diterima media ini, Jumat (19/6/2020) malam.

Ikut hadir bersama Wagub NTT, Josef A.Nae Soi saat itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi  NTT, Dr. drg.Dominikus Minggu Mere,M.Kes,  Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi  NTT, Thomas Bangke dan Karo Humas dan Protokol  Setda NTT, Dr.  Jelamu Ardu Marius. (ade/*)