KUPANG, NTT PEMBARUAN.com— Senin, 15 Juni 2020, Bupati Kupang, Korinus Masneno melaunching pembayaran bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD)  di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kupang, tepatnya di dua desa di Kecamatan Amabi Oefeto, yakni Desa Oefeto dan Desa Fatukanutu.

Di Desa Oefeto sebanyak 90 kepala keluarga (KK) yang berhak menerima BLT DD, sedangkan di Desa Fatukanutu sebanyak 140 KK.

Bupati Kupang, Korinus Masneno dalam sambutannya mengharapkan pemberian BLT DD ini dapat membantu ekonomi masyarakat di tengah-tengah kesulitan saat ini. Dirinya berpesan agar masyarakat dapat memanfaatkan dana yang ada secara baik untuk keperluan keluarga.

“Meski pun  jumlahnya terbatas, saya berharap agar bantuan ini dapat bermanfaat dan digunakan sebaik mungkin guna memenuhi kebutuhan pokok keluarga,” pinta Bupati Masneno melalui siaran pers Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kupang yang diterima media ini, Kamis (18/6/2020).

Bupati Masneno berharap, masyarakat tetap kuat, bersemangat dan senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarga secara baik agar terhindar dari berbagai serangan penyakit, salah satunya adalah wabah Covid-19.

Baca juga :  Gubernur NTT Panen Bawang Merah Lokananta di Oesao

Masneno mengatakan bahwa dalam Tahun 2020 saja masyarakat Kabupaten Kupang mengalami berbagai tantangan seperti penyakit virus babi (ASF) yang menyerang ternak masyarakat dan lahan kering yang melanda para petani dan terakhir penyebaran viru Covid- 19 yang bukan hanya melanda dunia, tetapi juga berdampak sampai di Kabupaten Kupang.

“Kondisi sulit memang tapi dengan pertolongan Tuhan kita pasti bisa melewatinya,”kata Bupati Masneno. Dirinya juga mengapresiasi peran semua pihak, baik tim gugus tugas, instansi pemerintah, TNI-Polri dan masyarakat sehingga Kabupaten Kupang masih terkategori zona hijau karena belum ada kasus.

Karena itu, ia meminta masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati agar tetap aman dan terhindar dari penyakit Covid-19.

Kata Bupati Masneno, saat ini sudah mulai diterapkan tata kehidupan baru dan memungkinkan masyarakat berkaktifitas, namun dengan standar keamanan yang baru.  Dirinya meminta portal di kampung dapat dibuka dan mulai beraktifitas dengan baik.

Baca juga :  Bupati Manggarai Kunjungi SMPN 4 Langke Rembong

Terkait dengan kedatangan pekerja migran Indonesia yang dirinya instruksikan para Kades dan keluarga mau menerima, namun tetap didata dan terjaga dengan mengisolasi secara mandiri. “Jangan tolak PMI yang datang, terima dan diperlakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Saat ini, kita tidak  boleh keluar rumah, tapi tetap jaga kesehatan, memakai masker, mencuci tangan dan menghindari interaksi yang dapat menyebabkan kita tertular penyakit,”imbuhnya.

Bupati Kupang, Korinus Masneno menyerahkan bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) kepada masyarakat saat melaunching pembayaran BLT DD Lingkup Pemerintah Kabupaten Kupang di Desa Fatukanutu, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (15/6/2020). (Foto : Beni Selan/Humas dan Protokol Setda Kabupaten Kupang).

Sementara itu, Waket DPRD I Kabupaten Kupang, Ny. Sophia Malelak De Haan menyampaikan apresiasi atas kinerja pemerintah dalam mengupayakan BLT DD bagi masyarakat. Dirinya berharap, pemberian BLT ini dapat diterima oleh masyarakat langsung dan tepat sasaran.

Baca juga :  Gubernur NTT Meresmikan Gereja GMIT Betel Ekam

Kepada masyarakat, Mantan Direktur Olfa Omega Kupang ini berpesan agar benar-benar memanfaatkan BLT DD dengan sebaik-baiknya dan tidak menyia-nyiakan bantuan tersebut untuk hal-hal yang kurang manfaat sambil mengajak masyarakat untuk terus bekerja dan membangun hidup yang lebih baik, khususnya lewat bidang pertanian.

Batolomeos Ataupah, salah satu  Warga Dusun 2, Desa Oefeto merasa bersyukur dan berterima kasih atas bantuan tersebut. “Ini sangat membantu kami, khususnya untuk membeli kebutuan pokok di rumah. Kita selama ini mau beraktifitas juga takut.  Jadi, dengan bantuan ini bisa  membantu kami untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” tuturnya. (ade/*)