Pemkab Nagekeo Sosialisasi Program Padat Karya Tunai Kepada Petani Mbay

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagekeo melakukan sosialisasi program padat karya tunai kepada para petani di  daerah irigasi Mbay, tepatnya di Kelompok Tani P3A KM III 4 Kanan dan Kelompok Tani P3A KM III 4 Tengah, Kecamatan Aesesa, Rabu (17/6/2020).

Hadir pada saat sosialisasi itu, Asisten III  Bidang Administrasi Umum  Setda Nagekeo, Agus Fernandes, mewakili Bupati Nagekeo,  Dinas Nakertrans Nagekeo, Dinas Pertanian Nagekeo  dan Dinas PUPR Nagekeo.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do melalui  Asisten III  Bidang Administrasi Umum  Setda Nagekeo, Agus Fernandes mengatakan, pelaksanaan program padat karya tunai melalui dana  program penanggulangan Covid- 19 Kabupaten Nagekeo.

Program padat karya tunai ini fokus mengerjakan infrastruktur irigasi Mbay lebih khususnya saluran dan box pembagi air. Dimana, dalam pengawasannya nanti melibatkan semua dinas dengan mewajibkan semua ASN yang sudah dibagikan setiap P3A  untuk mendampingi petani.

Baca juga :  Bawaslu Nagekeo Pastikan Hak Pilih Masyarakat Tetap Terjaga

Kegiatan program padat karya tunai ini merupakan kegiatan yang diambil dari biaya tak terduga (BTT) dampak Covid 19.  Untuk menanggulangi dampak sosial ekonomi akibat Covid- 19 maka program padat karya tunai yang difokuskan pada perbaikan saluran dan box pembagi air di wilayah irigasi Mbay sangat diharapkan bisa menjawab kebutuhan sosial ekonomi petani sekaligus meningkatkan produktivitas petani.

Untuk peningkatan produksi hasil pertanian, kata Fernandes, Bupati Nagekeo Don Bosco  ingin mengoptimalkan irigasi Mbay Kanan dengan luas kurang lebih sekitar 3.500 hektar.   Dengan memperbaiki infrastruktur irigasi Mbay Kanan, optimalisasi organisasi petani yang sudah ada seperti  P3A dan kelompok tani, serta menggandeng lembaga keuangan agar petani bisa mengakses kredit usaha rakyat dalam menanggulangi kekurangan modal bagi petani dalam mengolah sawah, tutur Agus.

Baca juga :  Pedagang Pasar Danga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Menurut dia, Bupati Nagekeo mempunya komitmen yang kuat untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan produktivitas petani.

Sebagi bentuk komitmen itu, Bupati Nagekeo sudah membagi tim ASN yang terbagi dalam kelompok pendampingan terhadap petani untuk setiap hari Rabu harus berada di tempat pendampingan masing-masing untuk mendengar keluhan dan kebutuhan petani. (mat)