Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Empat Korban dari Pulau Batek

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi empat korban yang mesin perahunya mati  di Pulau Batek, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)  menuju Pelabuhan Navigasi Kupang, Jumat (5/6/2020).

Keempat korban yang ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi ke Pelabuhan Navigasi Kupang itu masing-masing,  Abdul Haris Iskan (47), Muksin Ladang (21), Sarfin Ishak (25), dan Bai Talib  (21).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Emi Frizer,S.E,M.M melalui siaran pers Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang yang diterima media ini, Jumat (5/6/2020) mengatakan, keempat korban tersebut berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan selamat pada koordinat 10°10’25.14″S – 123°08’32.46″E,dan dievakuasi menuju Pelabuhan Navigasi Kupang untuk  selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga.

Baca juga :  Bupati Kupang Mengharapkan Kegiatan TMMD Dilakukan Dua Kali Setahun

Pihaknya mengetahui peristiwa itu, setelah menerima laporan dari nahkoda kapal tentang kecelakaan sebuah perahu motor tanpa nama dengan Person On Board (POB) 4 (empat) orang yang mengalami mati mesin di Pulau Batek, Kabupaten Kupang, Provinsi  Nusa Tenggara Timur, Jumat ( 5/6/2020) pukul 12.25 Wita.

Setelah menerima laporan tersebut, pukul12.40 Wita diberangkatkan Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang berjumlah 5 (lima) orang, ABK RB 308 Kupang 4 (empat) orang, Tagana Provinsi  NTT 3 (tiga) orang dengan menggunakan 1 unit Rescue Carrier dan RIB 10 Kupang, dilengkapi Palsar pendukung lainnya menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.

Pukul 15.20 Wita, kapal mati mesin tersebut berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan bersama 4 penumpang di dalamnya  dalam keadaan selamat pada koordinat 10°10’25.14″S – 123°08’32.46″E kemudian dievakuasi menuju Pelabuhan Navigasi Kupang untuk selanjutnya diserahkan ke pihak keluarganya.

Baca juga :  Wabup Kupang : Manfaatkan Dana Desa Sesuai APBDes

Operasi SAR ini dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Supriyanto Ridwan, S.E, dengan melibatkan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, ABK RB 308 Kupang, Tagana Provinsi NTT, keluarga korban dan masyarakat. (ade/*)