Satu Lagi Pasien Positif Terkonfirmasi Covid-19 Transmisi Lokal di Kota Kupang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr.drg. Domi Minggu Mere, M.Kes, Sabtu (30/5/2020) kembali mengumumkan penambahan satu pasien terkonfirmasi Covid-19 transmisi lokal di Kota Kupang.

Kata Domi Mere, dari hasil pemeriksaan 48 sampel swab di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Sabtu (30/5/2020)  diperoleh 1 pasien positif Covid-19 dari transmisi lokal Kota Kupang.

48 sampel swab yang diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang itu masing-masing rujukan dari Flores Timur (Flotim), Sabu Raijua, Lembata, Sikka, dan Kota Kupang rujukan dari Rumah Sakit Tentara Wirasakti, RSUD Prof. Dr W.Z Johannes Kupang, dan Rumah Sakit Siloam.

Baca juga :  Pemprov NTT Berkomitmen Wujudkan Sumba Sebagai Pusat Energi Baru dan Terbarukan

Penambahan satu pasien  positif Covid–19 hasil transmisi atau penularan lokal dari Kota Kupang itu, menurut Domi Mere, berasal dari lokasi dekat dengan pasien yang meninggal akibat Covid-19 di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang sebelumnya.

Dengan penambahan satu pasien positif Covid-19 dari transmisi lokal di Kota Kupang, maka  jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di NTT hingga Sabtu, 30 Mei 2020 sebanyak 92 orang dari sehari sebelumnya, 91 orang.

Masih di Kota Kupang, ia mengabarkan  terdapat 1 pasien  positif Covid-19  dari klaster Sukabumi yang sudah dinyatakan sembuh dan Sabtu, 30 Mei 2020 dipulangkan ke rumahnya, sehingga  total pasien yang sembuh di Kota Kupang sebanyak 10 orang, sisanya 13 orang masih dirawat.

Baca juga :  Gubernur NTT Tinjau Realisasi Jalan Provinsi di Mabar

Sementara secara keseluruhan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),  pasien positif Covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh sebanyak 14 orang dan sedang dirawat  sebanyak 77 pasien.

Komposisi pasien positif terkonfirmasi positif Covid-19 di 10 kabupaten/kota di NTT hingga Sabtu, 30 Mei 2020 meliputi,  Sikka 27 orang, Kota Kupang 25 orang, Manggarai Barat 14 orang, Sumba Timur 8 orang, Ende 6 orang, Timor Tengah Selatan (TTS)  4 orang, Nagekeo 3 orang, Rote Ndao 2 orang, Flores Timur (Flotim) 2 orang, dan Manggarai 1 orang. (ade)