KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Minggu Mere, M.Kes, Kamis, 28 Mei 2020 kembali mengumumkan penambahan lima pasien baru terkonfirmasi positif, sehingga tota untuk NTT sudah menjadi 90 orang.

Penambahan 5 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 itu berdasarkan hasil pemeriksaan 97 swab di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang dengan menggunakan PCR Real Time dan yang terbaru menggunakan uji coba Tes Cepat Molekuler (TCM), ujar Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT, Dr. drg. Domi Minggu Mere, M.Kes kepada wartawan di Dinas Kesehatan NTT, Kamis (28/5/2020).

Domi Mere mengatakan, dari pemeriksaan 97 swab di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang diketahui ada 6 yang terkonfirmasi positif Covid-19. Dari 6 itu, 5 yang baru, sedangkan yang satu dari pasien yang terkonfirmasi positif yang lama asal Timor Tengah Selatan (TTS).

Baca juga :  Terkait Penanganan Covid-19, Ini Pesan Kapolda NTT Kepada Jajarannya di Polres Mabar

Untuk 5  pasien yang baru terkonfirmasi Covid-19, 4 pasien dari tranmisi lokal di Kota Kupang, dan 1 pasien asal Kabupaten TTS dari klaster Magetan. Kemudian, ada berita gembira, dimana ada 2 pasien yang sembuh setelah dilakukan pemeriksaan PCR yang kedua dimana hasilnya negatif masing-masing, 1 dari Kota Kupang dan 1 dari Sumba Timur.

“Dengan adanya penambahan 5 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, itu berarti total untuk NTT 90 pasien positif terkonfirmasi positif Covid-19. Dari 90 yang sudah terkonfirmasi positif itu, ada 11 yang sudah sembuh dan 1 meninggal, yang sedang dan akan dirawat 78 orang,”urainya.

https://m.youtube.com/watch?feature=youtu.be&v=uta6LmxM1JY

Rinciannya, Kota Kupang  24 orang, 15 orang dirawat, 8 orang sembuh dan 1 meninggal, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS)  4 orang, Sikka 27 orang, Rote Ndao 2 orang, Ende 6 orang, Flotim 1 orang, Nagekeo 3 orang, Manggarai 1 orang, Sumba Timur 8 orang, sembuh 1 orang,  Manggarai Barat 12 orang, sembuh 1 orang).

Baca juga :  Dinas PMD NTT dan Yayasan Bambu Lestari Teken PKS

Direncanakan, dalam waktu dekat ini juga akan menjemput sejumlah sampel swab di daratan Flores, seperti Manggarai Barat dan Ende dan darat  Sumba yang sudah disiapkan rekan-rekannya di lapangan. (ade)