Pemdes Marapokot Salurkan BLT DD Tahap I Tahun 2020

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Jumat, 29 Mei 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Marapokot, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyalurkan bantuan tunai langsung (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) Tahun 2020 kepada 157 kepala keluarga (KK) di desa tersebut.

Penyaluran BLT DD tahap pertama untuk 157 KK itu berlangsung di Kantor Desa Maropokot, yang dihadiri langsung Kepala Desa Marapokot, Petrus Reta.

Kepada NTT PEMBARUAN.com, Kepala Desa Marapokot,Petrus Reta disela-sela penyaluran BLT DD itu mengatakan,  jumlah kepala keluarga yang teregister di buku register penduduk Desa Marapokot sebanyak 433 KK, namun yang menerima BLT DD tahap pertama hari ini (Jumat,29/5/2020,red)  baru 157 KK.

Baca juga :  Kodim 1625 Ngada Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Desa Tonggurambang

Kata Petrus Reta, semua masyakaratnya sudah mendapat bantuan dari berbagai jenis bantuan pemerintah,terkecuali mereka yang secara aturan tidak diperbolehkan, seperti TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan aparat desa.

Kepala Desa Maropokot,  Petrus Reta

“Kalau ada masyarakat yang komplain karena tidak mendapat bantuan, sebagai kepala desa saya tegaskan bahwa semua data diambil dari RT.  Jadi, kalau ada masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan di Desa Marapokot kemungkinan tidak teregister di data penduduk atau masyarakat tidak terdata oleh RT,” pungkasnya.

Jenis bantuan yang masuk ke desanya terdiri dari bantuan sosial tunai (BST) sebanyak 160 KK, bantuan langsung tunai (BLT) bersumber dari DD sebanyak 157 KK, bantuan sosial dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebanyak 12 KK, bantuan pangan non tunai  BPNT) 24 KK, dan dan bantuan PKH 61 KK.

Baca juga :  Desain Penanganan Sampah di Kota Kupang Harus Jelas

Dengan demikian, total penerima bantuan dari semua jenis bantuan yang disebutkan di atas untuk Desa Marapokot sebanyak  414 KK sesuai data yang teregister dalam buku penduduk di desa setempat, sedangkan sisanya adalah anggota TNI, Polri, ASN dan aparat desa. (mat)