Reses di Lembor, Wakil Ketua Komisi III DPRD Mabar Bagikan APD Kepada Masyarakat

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Vitus Usu membagikan sejumlah alat pelindung diri (APD) kepada masyarakat saat melakukan reses edukasi  di dua desa di Kecamatan Lembor, yakni Desa Wae Bangka dan Desa Ponto Ara.

Bantuan yang sama juga diserahkan Vitus Usu kepada  Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Lembor di posko perbatasan antara Kabupaten Manggarai dengan Kabupaten Manggarai Barat.

Reses edukasi yang dilakukan itu mengacu pada Surat Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai Barat Nomor : 10/DPRD/V/2020 tentang Pembentukan Tim Reses Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Manggarai Barat.

Reses edukasi itu dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di daerah pemilihan (Dapil) masing-masing sekaligus memberikan bantuan APD dan sembilan bahan pokok (Sembako) kepada masyarakat melalui desa/kelurahan setempat.

Baca juga :  Kolaborasi Dengan Dinsos NTT, KPPI NTT Serahkan Bansos Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Selasa, 26 Mei 2020, Vitus Usu  dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPRD Manggarai Barat  melakukan reses edukasi hari kedua di Desa Wae Bangka, setelah sebelumnya pada hari pertama, ia melakukan reses edukasi di Desa Ponto Ara, Sabtu, 23 Mei 2020.

Saat reses edukasi hari pertama di Desa Ponto Ara, Vitus Usu memberikan bantuan sebanyak 500 masker kepada masyarakat yang diterima langsung oleh kepala desanya. Bantuan serupa juga diserahkan kepada masyarakat Desa Wae Bangka melalui Pjs Kadesnya dan Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Lembor di daerah perbatasan Manggarai Barat dan Kabupaten Manggarai pada reses hari kedua, Selasa, 26 Mei 2020.

Di hadapan aparat pemerintah desa (Pemdes) dan masyarakat Desa Wae Bangka, Vitus terus mengimbau, untuk tetap menaati protokol kesehatan, menghindari kerumunan, selalu mencuci tangan dengan sabun, menjaga kebersihan lingkungan dan jaga jarak.

Baca juga :  Update Terbaru, NTT Tambah Tiga Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bantuan APD berupa masker yang diberikan itu, menurut dia, salah satu bentuk kepedulian dirinya sebagai  anggota DPRD Manggarai Barat kepada masyarakat, khususnya di Dapil III, tempat ia dipilih oleh masyarakat sebelumnya.

Anggota DPRD Mabar dari Partai NasDem, Vitus Usu ketika menyerahkan masker kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Lembor, di posko perbatasan antara Kabupanten Manggarai Barat dengan Kabupaten Manggarai, Selasa (26/5/2020) (Foto :Hargensius S. Yen/NTT PEMBARUAN.com)

Sementara itu, Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Wae Bangka,Gabriel Jegabut menyambut gembira kehadiran Anggota DPRD Mabar, Vitus Usu di desanya yang telah memberikan bantuan sejumlah APD berupa masker dan Sembako kepada masyarakatnya.

“Saya menyampaikan terima kasih banyak kepada Anggota DPRD Mabar, Vitus Usu yang telah melaksanakan reses edukasi di desa kami dalam rangka menyampaikan himbauan tentang pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus memberikan bantuan APD dan Sembako.  Saya  sangat antusias dan memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah yang sudah dilakukan Wakil Ketua Komisi III DPRD Mabar, Vitus Usu sebagai bentuk perhatiannya kepada masyarakat di Dapilnya,” kesan Gabriel.

Baca juga :  Air Terjun Cunca Wae Jati, Objek Wisata Baru di Kota Labuan Bajo

Melalui reses edukasi itu, mereka bisa menyampaikan seluruh keluhan masyarakat terkait pembangunan di desa dan bantuan-bantuan lainnya dari pemerintah yang bersifat pro masyarakat ke depan.

Ia berharap, seluruh keluh kesah yang disampaikan masyarakat melalui Anggota DPRD Mabar, Vitus Usu bisa diperjuangkan saat rapat paripurna di DPRD Mabar dan diakomodir dalam anggaran tahun berjalan atau tahun berikutnya. (gen)