Tim SAR Gabungan Berhasil Mengevakuasi Tujuh Nelayan dari Perairan Tabui

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com— Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi tujuh nelayan yang mengalami kecelakaan sebuah perahu  motor akibat dihantam gelombang dan angin kencang saat mencari ikan di Perairan Pulau Tabui,Kabupaten Kupang, Provinsi NTT, Minggu (17/5/2020).

Tujuh nelayan yang berhasil diselamatkan itu, yakni Frangki Koa (30), Wigjon Markus (18), Jeferson Markus (47), Welhelmus Fua (50), Yanes Bako (36), Jim Hermanus (41) dan Djamin Hermanus (64), demikian informasi dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer,S.E,M.M  melalui siaran pers Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang yang diterima media ini, Minggu (17/5/2020) malam.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang mengetahui peristiwa itu setelah menerima laporan dari  Bapak Novan Luan, Minggu (17/5/2020) pukul 17.35 Wita, yang melaporkan  telah terjadi  kecelakaan sebuah perahu  motor Person On Board (POB) 7 (tujuh) orang terbalik dihantam gelombang dan angin kencang pukul 16.45 Wita saat mencari ikan di Perairan Pulau Tabui,Kabupaten Kupang, Provinsi NTT.

Baca juga :  Terkait Penjualan Tanah Milik Pemkab Mabar, Kejati NTT Geledah Kanwil BPN NTT

Menyikapi laporan itu,  pukul 17.40 Wita, diberangkatkan Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang  berjumlah 1 (satu) orang, ABK 5 (lima) orang, Bea Cukai 1 (satu) orang dan keluarga korban 1 (satu) orang dengan mengunakan RIB 10 Kupang  dilengkapi palsar laut lainnya menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.

Pukul  22.30 Wita, Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi semua korban dalam keadaan selamat, untuk  lelanjutnya dibawa menuju Tablolong Kupang. Pukul 23.40 Wita, RIB 10 Kupang tiba di Tablolong Kupang dan korban langsung diserahkan ke pihak keluarga. Setelah itu, RIB 10 Kupang kembali  ke Pelabuhan Navigasi Kupang.

Unsur SAR yang terlibat antara lain, Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, ABK RB 308 Kupang, Bea Cukai Kupang dan keluarga korban.  (ade/*)