Negatif, Hasil Pemeriksaan Swab Pasien Reaktif 02 di Nagekeo

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Berdasarkan hasil pemeriksaan swab pasien reaktif 02 di Kabupaten Nagekeo, Jumat, 15 Mei 2020 pukul 17.00 Wita diperoleh hasilnya negatif, sehingga dibolehkan untuk kembali ke keluarganya  guna menghindari kemungkinan kontak lanjutan dengan pasien reaktif 03 di tempat karantina.

Sesuai pedoman protokol kesehatan, pasien reaktif 02 tersebut bisa dipulangkan ke keluarganya untuk menghindari kemungkinan kontak lanjutan dengan pasien reaktif 03 di tempat karantina, kata  Kepala Puskesmas Danga, Claudia Pau kepada media ini di Mbay, Sabtu (16/5/2020).

Claudia mengatakan, untuk sementara yang bersangkutan  beristirahat di rumah saja dulu sambil menanti giliran pemeriksaan swab lanjutan kedua yang akan direncanakan Senin, 18 Mei 2020 mendatang guna memastikan statusnya.

Baca juga :  Mei 2020, TPK Hotel Bintang di NTT Menurun

“Hasil negatif yang diperoleh ini  sebagai bukti bahwa protokol kesehatan dijalankan dengan baik oleh siapapun termasuk pasien, sehingga terbuka kemungkinan untuk bisa sembuh dan  terhindar dari wabah virus corona,” kata Claudia.

Meski pun hasilnya negatif, ia tetap mengimbau  warga masyarakat termasuk keluarga pasien untuk selalu mentaati protokol  kesehatan.  Claudia juga menyebutkan, untuk  pasien reaktif 03 sudah selesai diambil swab pada Jumat,  15 Mei 2020 dan saat ini dalam  tahap proses pengiriman sampelnya ke Laboratorium PCR  RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang.

“Bila  ada jadwal  penerbangan atau jadwal Fery ASDP masuk ke Nagekeo, maka spesimen swabnya langsung dikirim ke Kupang. Kita semua berharap, hasil swab pasien reaktif 03 ini juga  nanti hasilnya negative,” harap dia. (mat)