Jumlah Positif Covid-19 di NTT Meningkat 39 Orang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Kamis, 14 Mei 2020 jumlah pasien positif Covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah 9 orang ditambah dengan 30 orang sebelumnya menjadi 39 orang.

Penambahan pasien positif Covid-19 di NTT itu diumumkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Dr. drg. Domi Minggu Mere kepada wartawan di Kantor Gubernur NTT, Kamis (14/5/2020) siang.

Domi  Mere yang didampingi Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid—19 NTT yang juga Karo Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius,M.Si menyebutkan, sesuai hasil pemeriksaan swab yang dilaporkan dari laboratorium pemeriksaan swab RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, dari 46 sampel yang diperiksa, diperoleh ada sembilan sampel yang terkonfirmasi positive Covid-19.

Baca juga :  Kodim 1625 Ngada Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Desa Tonggurambang

Rincian, 8 pasien positif Covid-19 dari Kabupaten Sikka yang sebagian besar dari klaster KM Lambelu, dan satu  positif Covid-19  dari Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dari klaster Gowa .

Terkait 8 pasien positif Covid-19 hasil pemeriksaan swab laboratorium RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang, pihaknya koordinasikan dengan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka  untuk segera berkoordinasi dengan Direktur RSUD Tc Hillers  Maumere untuk melakukana penerapan penatalaksanaan medis untuk perawatan dan isolasi terhadap seluruh pasien di RSUD Tc Hillers Maumere.

Begitupun satu pasien positif Covid-19 dari Kabupaten Manggarai Barat,  pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat untuk segera melakukan stersing dan melakukan isolasi terhadap pasien tersebut di RSUD Komodo Labuan Bajo.

Baca juga :  Wabup Kupang : Manfaatkan Dana Desa Sesuai APBDes

Dari 39  pasien positif Covid-19 itu, lanjut Domi Mere,dua pasien diantaranya telah dinyatakan sembuh, 1 pasien meninggal dunia, dan 36 pasien lainnya  masih dalam perawatan medis.

39 pasien terkonfirmasi positif Covid- 19  itu tersebar di Manggarai Barat, 12 orang, Kota Kupang, 11 orang, Sikka, 8 orang, Timor Tengah Selatan (TTS), 2 orang, Rote Ndao,  2 orang, Flores Timur, 1 orang,  Ende,  1 orang,  Nagekeo,  1 orang, dan Sumba Timur,  1 orang. (ade)