Jumlah Pasien Positif Covid-19 di NTT Capai 30 Orang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Dari hari ke hari, jumlah pasien positif Covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bertambah. Rabu, 13 Mei 2020 bertambah 12 orang lagi, sehingga jumlahnya sudah mencapai 30 orang.

 Informasi penambahan pasien positif Covid-19 di NTT itu diumumkan  Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT yang juga Kepala Dinas Kesehatan NTT, Dr. drg. Domi Minggu Mere, kepada pers di Ruang Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Rabu (13/5/2020) siang.

Domi menyebutkan , dari  hasil pemeriksaan 92 swab yang diperiksa di Laboratorium Bio Molekuler RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang diketahui ada 12 swab positif Covid-19.

Baca juga :  195 Unit Kapal Siap Dibagikan Kepada Nelayan di NTT

Rinciannya, 9 pasien positif Covid-19 rujukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Komodo Labuan Bajo, Manggarai Barat dari klaster Goa, 1 positif rujukan dari Rumah Sakit  Ende dari klaster Goa, dan 1 positif Covid-19 rujukan dari Rumah Sakit  SoE  dari klaster Magetan.

Domi yang didampingi  Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTT yang juga Karo Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan RI di Jakarta terdapat kasus positif Covid-19 baru dari Waingapu Kabupaten Sumba Timur.

Sumba Timur merupakan klaster baru dari salah satu STT di Grogol Jakarta, sehingga total kasus positif Covid-19 di Provinsi NTT hingga 13 Mei 2020  menjadi 30 kasus dari sebelumnya hanya 18 kasus.

Baca juga :  Pemprov NTT Tetapkan Tarif Swab Rp 900.000

Khusus  untuk pasien positif  Covid-19 di RSUD Komodo Labuan Bajo, pihaknya telah koordinasikan dengan Gubernur NTT dan Bupati Manggarai Barat untuk dirawat di RSUD  Komodo  Labuan Bajo dan Rumah Sakit  Siloam Labuan Bajo.

Sedangkan, untuk satu positif Covid-19 asal SoE, dirinya, telah melakukan koordinasi dengan Kadis Kesehatan Timor Tengah Selatan (TTS)  untuk dilakukan contact tracing dan isolasi di RSUD SoE. Hal serupa juga dilakukan  bagi satu pasien positif di Kabupaten Ende.(ade)