196 KK Warga Kelurahan Mbay I Terima BLT

MBAY, NTT PEMBARUAN.com-Sebanyak 196 kepala keluarga (KK) warga Kelurahan Mbay I, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo sudah menerima bantuan tunai langsung (BLT) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dengan jatah masing-masing KK sebesar Rp 600.000/bulan.

Lurah Mbay I, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Ricard Lamanepa kepada media ini, Senin (11/5/2020) merasa bersyukur karena dengan BLT tersebut, masyarakat sangat terbantu sekali, terutama dalam situasi sulit sebagai dampak penyebaran wabah virus corona sekarang ini.

Ia akui, di wilayah kerjanya masih banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan serupa, tetapi semuanya telah diatur oleh pemerintah. “ Hari ini (Senin, 11/5/2020 kemarin,red), saya merasa bersyukur karena BLT tersebut sudah sampai ke tangan penerima. Manfaatkan dana yang ada untuk memenuhi kebutuhan keluarga masing-masing,” imbuhnya.

Baca juga :  Ribuan Pendukung Antar Paket Edi-Weng Daftar di KPU Mabar

Menurut dia, data yang dikirim sebagai penerima BLT sebanyak 116 orang ditambah data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Nagekeo sebanyak 99 orang, maka total nama yang dikirim sebanyak  215 orang. Namun, setelah dilakukan verifikasi terdapat 19 orang yang tidak valid nomor induk kependudukannya, maka hari ini (Senin,11/5/2020 kemarin,red)  yang terealisai hanya 196 orang saja, jelasnya.

Ricard mengakui, belum semua masyarakat Kelurahan Mbay I mendapatkan BLT secara maksimal karena masih banyak masyarakat miskin yang belum mendapatkan BLT, padahalnya seharusnya mereka layak  mendapatkan bantuan serupa.

Lurah Mbay I, Ricard Lamanepa

Karena itu, ia kembali menguatkan masyarakat, untuk  tidak usah cemas karena dirinya telah mengirim data baru sebanyak 296 orang untuk data susulan nanti.

Baca juga :  Pemprov NTT Fokus Tangani DBD dan Masalah Sampah

Kata Ricard,  persoalan data masih menjadi kendala karena masih ada Pegawai Negeri Sipil (PNS),  pensiunan,  dan ada yang sudah meninggal, tetapi masih terdaftar  sebagai penerima BLT. Namun,   setelah berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Nagekeo,  akhirnya ahli waris yang masih dalam kartu keluarga yang sama bisa menerima BLT tersebut.

Ricard berharap, dengan BLT tersebut dapat membantu perekonomian masyarakat,untuk dimanfaatkan dengan baik demi pemenuhan kebutuhan masyarakat sehari-hari. (mat)