Akibat Kebakaran Gudang Farmasi RSUD Aeramo, Diperkirakan Kerugian Ratusan Juta Rupiah

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Akibat kebakaran Gudang Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Aeramo, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diperkirakan mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

Perkiraan sementara kerugian atas peristiwa kebakaran itu disampaikan Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Do  kepada wartawan di lokasi kebakaran  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Aeramo, Kabupaten Nagekeo, Sabtu (9/5/2020).

“Kebakaran yang terjadi, Sabtu (9/5/2020) dini hari pukul 02:30 Wita di Gudang Farmasi RSUD Aeramo telah menghanguskan seisi gudang antara lain, obat -obatan, alat  habis pakai, termasuk rapid tes dan alat pelindung diri (APD),” kata orang nomor satu di Kabupaten Nagekeo itu.

Walaupun dalam kondisi seperti itu, Bupati Don Bosco Do mengatakan, pelayanan di RSUD Aeramo tetap berjalan normal. Untuk menggantikan persediaan stok obat-obatan, alat habis pakai, alat rapid test dan alat pelindung diri (APD), Bupati Don Bosco Do berjanji, akan didistribusikan mulai Minggu (10/5/2020) besok.

Baca juga :  Gadis Desa di Matim Diduga Dihamili Oknum THL

Pada tempat yang sama, Direktris Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aeramo, drg. Yeni Wahyuningsih membenarkan bahwa  stok obat, APD dan alat rapid test  semuanya telah dilahap si “jago merah” saat itu.

Inilah kondisi di dalam Gudang Farmasi RSUD Aeramo Nagekeo yang terbakar, Sabtu (9/5/2020) dini hari. (Foto : Muhamad Dedi Ingga/NTT PEMBARUAN.com)

Karena itu, pihaknya sangat membutuhkan bantuan dari semua pihak termasuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagekeo, terutama untuk menggantikan persediaan obat-obatan, APD dan alat rapid test yang sudah terbakar.

Untuk kebutuhan obat-obatan bagi pasien yang saat ini tengah dirawat, kata dokter Reni, pihaknya sudah mendapatkan suplai obat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo.

“Kami sudah kirimkan permintaan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi NTT. Rencananya, Minggu (10/5/2020) besok  sudah ada pesawat khusus untuk  mengirim obat-obatan  ke sini,” kata dokter Reni.

Baca juga :  Ikatan Keluarga Muslim Polres Nagekeo Melakukan Aksi Sosial

Sampai dengan  berita ini diturunkan, Polres Nagekeo masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP)  terkait penyebab kebakaran Gudang Farmasi RSUD Aeramo. (mat)