Para Bupati dan Wali Kota se-NTT Diminta Siapkan Sampel Pada Titik yang Sudah Ditentukan

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Para bupati dan wali kota se-Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta segera mempersiapkan sampel yang telah diambil untuk  dijemput dengan pesawat yang telah dicarter oleh Pemerintah Provinsi NTT pada titik-titik yang telah ditentukan.

Pemberitahuan itu disampaikan  dalam surat resmi dengan Nomor : GT.COVID19/ 71/V/20 tanggal 5 Mei 2020  yang ditandatangani  Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid –19 Provinsi NTT, Ir. Benediktus Polo Maing.

Dalam surat pemberitahuan itu dituliskan, sehubungan dengan telah tersedianya pemeriksaan swab PCR untuk penegakan diagnosis Covid-19 di RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang, maka bersama ini diinformasikan hal-hal sebagai berikut bahwa pengiriman sampel dari kabupaten/kota ke RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang akan dilakukan dengan menggunakan pesawat yang telah dicarter oleh Pemerintah Provinsi NTT, dengan titik penjemputan sebagai berikut, Bandara Komodo  Labuan Bajo untuk Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur.

Baca juga :  Pemprov NTT Tetapkan Tarif Swab Rp 900.000

Bandara Aroeboesman  Ende untuk Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Ende,  Bandara Frans Seda, Maumere untuk Kabupaten SikKa, Flores Timur dan Lembata,  Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu untuk Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur.

Sedangkan,  untuk Kabupaten Alor, Rote Ndao dan Sabu Raijua dikirim dengan menggunakan fery. Kemudian, untuk kabupaten-kabupaten di daratan Timor menggunakan transportasi darat.

Karena itu, setiap kabupaten harus mempersiapkan sampel yang telah diambil serta mempercepat proses pengambilan sampel yang direncanakan untuk kemudian dikirim ke titik penjemputan sesegera mungkin.

Rencana penjemputan swab pada hari Jumat, 8 Mei 2020.  Untuk itu, kabupaten yang menjadi titik penjemputan agar bisa menerima dan menyimpan swab tersebut sesuai dengan standar penyimpanan, demikian surat pemberitahuan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid –19 Provinsi NTT yang juga Sekda NTT,  Ir. Benediktus Polo Maing. (ade/*)