Update Terbaru, NTT Tambah Satu Positif Covid-19

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Update terbaru,Senin (4/52020), sudah ada penambahan satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) positif  Covid-19 di Nusa Tenggara Timur (NTT) dari klaster Sukabumi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), drg. Domi Mere yang didampingi Juru Bicara  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT yang juga Karo Humas dan Protokoler Setda NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si kepada pers di Biro Humas dan Protokol Setda NTT, Senin (4/5/2020) petang.

“Penetapan satu PDP positif itu berdasarkan hasil tes swab dengan metoda PCR dari Lembaga Laboratorium Biomolekuler Eijkman (LBE)  Jakarta, dan  sekarang sedang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara Kupang dalam kondisi stabil,” kata Domi Mere.

Baca juga :  Pemprov NTT Tetapkan Tarif Swab Rp 900.000

Dengan penambahan satu pasien positif ini, maka jumlah PDP yang terdata positif corona di NTT sudah 11 orang termasuk satu orang yang sudah sembuh yang sebelumnya dirawat di RSUD Prof.Dr. W.Z Johannes Kupang.

Sedangkan 10 orang yang sedang menjalani perawatan masing-masing, 8 orang di Kota Kupang, dan 2 orang lagi dirawat di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Kepada masyarakat NTT, Domi mengimbau untuk selalu mengikuti standar protokol kesehatan dari WHO.  Domi Mere  juga menyampaikan informasi, bahwa Selasa, 5 Mei 2020 PCR real time untuk pemeriksaan swab sudah tiba di Kupang  yang akan ditempatkan di RSUD Prof. Dr. W.Z. Johannes Kupang.

Dengan adanya PCR itu nanti, kata Domi,  dapat memberikan kepastian tentang kasus Covid-19 di NTT, sehingga bisa membantu swab pasien dari kabupaten/ kota di NTT dengan cepat dideteksi dan diketahui positf atau tidaknya pada seseorang pasien tersebut. (ade)