Pemda Nagekeo Bantu Masyarakat dengan Jual Beras Murah

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Salah satu upaya pemerintah daerah (Pemda) Nagekeo untuk mengatasi kesulitan ekonomi masyarakat sebagai dampak dari wabah corona virus disease 2019 (Covid-2019) yang berkepanjangan saat ini, akan menyiapkan beras murah untuk dijual kepada masyarakat dengan harga Rp 8.000/kg dalam waktu dekat ini.

“Beras itu nanti dibeli oleh Pemda Nagekeo dari petani Mbay seharga Rp 12.000/kg kemudian dijual dengan harga murah kepada masyarakat seharga Rp 8.000/kg untuk penanganan  dampak Covid-19 bagi masyarakat kurang mampu di daerah itu,” kata Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco Do kepada wartawan di Mbay, Kamis (30/4/2020).

Ia mengatakan, pemerintah telah menyiapkan subsidi pangan gratis untuk warga Nagekeo yang kurang mampu.  Selain itu,  Pemda  Nagekeo juga akan membeli beras dari  petani Mbay dengan harga Rp 12.000 /kg  kemudian dijual dengan harga murah kepada masyarakat dengan harga sebesar  Rp 8.000/kg.

Baca juga :  Jumlah Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di NTT 402 Orang

“Kita akan membeli beras dari petani Mbay dengan harga sebesar Rp 12.000 /kg, kemudian kita jual lagi ke masyarakat dengan harga Rp  8.000/kg.  Jadi, Pemda Nagekeo memberi subsidi sebesar Rp 4.000/kg,” terang Bupati Don Bosco Do.

Ia juga telah memerintahkan Dinas Sosial Kabupaten Nagekeo untuk segera melakukan verifikasi data penerima bantuan akibat dampak Covid-19 tersebut.

“Untuk jaringan pengaman sosial, kita siapkan subsisi pangan gratis untuk keluarga msikin dan yang layak mendapat bantuan.  Saat ini, kami  sedang melakukan verifikasi ulang datanya,” kata orang nomor satu di Nagekeo itu sambil mengingatkan dinas teknis yang menangani bantuan itu agar data yang dihimpun benar-benar valid, sehingga  penerima bantuan dampak Covid-19 tepat sasaran dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. (mat)