Update Terkini, Sembilan Warga NTT Positif Covid-19

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Berdasarkan hasi test swab,  sembilan warga Nusa Tenggara Timur (NTT) dinyatakan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), sehingga dengan demikian NTT kembali masuk zona merah.

Dari 9 orang tersebut, 7 orang dirawat di RSUD Prof. Dr. W.Z Johannes Kupang dan 2 orang dirawat  RSUD Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, sebut Kepala Dinas Kesehatan NTT, drg. Dominggus Mere didampingi Juru Bicara  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT yang juga Karo Humas dan Protokoler Setda NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si, Kadis Perhubungan NTT, Isyak Nuka, dan Ike Mauboy, Juru Bahasa Isyarat dari Komunitas Tuli Kupang (KTK) kepada pers di Kupang, Kamis (30/4/2020).

Baca juga :  Tingkatkan Budaya K3L, PLN Gelar Acara Safety Talk di UP3 Kupang

Mere menyebutkan, dari 13 sampel swab yang dikirim dari di RSUD Prof.Dr. W.Z Johannes Kupang, 7 sampel diantaranya dinyatakan positif Covid-19, sedangkan 2 sampel lainnya yang dinyatakan positif Covid-19 dari RSUD Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Ketujuh pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dari RSUD Prof.Dr. W.Z Johannes Kupang itu, kata Mere, sudah dipindahkan ke Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uli, sedangkan  dua pasien positif di Labuan Bajo, saat ini telah diisolasi di RSUD Komodo Labuan Bajo.

Ke-9 pasien yang dinyatakan positif Covid-19 itu, akan dilakukan pemeriksaan sampel swab lagi dalam waktu dekat ini, sehingga perkembangan kesehatannya tetap dipantau, kata Domi Mere.

Disebutkannya,  total sampel yang dikirim untuk pemeriksaan swab test sebanyak 117 sampel. Dari  jumlah itu,  56  sampel sudah ada hasilnya, dimana  46 sampel dinyatakan negatif dan 10 sampel lainnya dinyatakan positif termasuk El Asamau yang telah dinyatakan sehat, tinggal   36 sampel yang belum ada hasilnya.

Baca juga :  Wabup Kupang : Manfaatkan Dana Desa Sesuai APBDes

Saat ini, Tim Gugus Tugas Covid-19 sedang menelusuri siapa-siapa saja yang pernah berkontak langsung dengan 9 pasien yang telah dinyatakan positif itu. Karena itu, masyarakat harus tetap taat pada Protap pemerintah dengan menghindari kerumunan, jaga jarak dan selalu memakai masker,” imbuhnya.

Sementara itu, Jubir Covid-19 NTT yang juga Karo Humas dan Protokol Setda NTT, Dr. Marius Ardu  Jelamu,M.Si  mengatakan, dengan dinyatakan 9 orang positif Covid-19, maka NTT kembali masuk zona merah.

Karena itu, ia terus mengimbau kepada masyarakat untuk selalu taat terhadap Protap yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corona ini. (ade)