Patah As Perahu Motor di Selatan Pulau Tabui, Empat Orang Ditemukan Selamat

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Empat orang yang menumpang sebuah perahu motor yang mengalami Patah As di Selatan Pulau Tabui, Kabupaten Kupang ditemukan dalam keadaan selamat, Kamis (30/4/2020).

Informasi tersebut disampaikan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer,S.E, M.M melalui siaran pers Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang yang diterima media ini, Kamis (30/4/2020).

Awalnya, Rabu (29/4/2020) pukul 21.15 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang menerima laporan dari Bapak Yandri Bola (Anggota Polres Rote Ndao) bahwa telah terjadi kecelakaan kapal 1 (satu) buah perahu motor tanpa nama dengan Person On Board (POB) 4 (empat) orang mengalami Patah As di Selatan Pulau Tabui, Kabupaten Kupang, Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga :  Bupati Nabit Apresiasi Kepada Para Pegiat Seni di Manggarai

Keempat orang itu dengan identitasnya, masing-masing, Eli Zain (51), jenis kelamin laki-laki dan  3  orang anak buah kapal (ABK). Dari laporan yang diterima, diketahui bahwa perahu motor tanpa nama tersebut berangkat dari Kupang menuju Rote Papela pukul 15.00 Wita.

Pukul 21.35 Wita, diberangkatkan Tim Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang berjumlah 5 (lima) orang menuju Pelabuhan Navigasi dengan mengunakan 1 (satu) unit Rescue Car.

Selanjutnya, pukul 22.15 Wita, RIB 10 Kupang melaksanakan olah gerak dari Dermaga Navigasi Kupang dengan 4 (empat) orang ABK beserta Tim Rescuer dilengkapi palsar pendukung lainnya menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.

Kamis (30/4/2020), pukul 00.15 Wita, Tim Rescue tiba di area pencarian dan melakukan pengamatan di sekitar pos terakhir keberadaan korban. Pukul 00.45 Wita, Kapal Patah As POB 4 (empat) orang berhasil ditemukan oleh KAL Weling Lantamal VII Kupang.

Baca juga :  Bupati dan DPRD di NTT Komit Dukung Bank NTT

Selanjutnya, pukul 00.50 Wita, Tim Rescue dapat berkomunikasi dengan Nakhoda Kapal Patah As dan diinfokan bahwa kapal beserta POB 4 (empat) orang telah ditemukan oleh KAL Weling Lantamal VII Kupang dalam keadaan selamat.

Pukul 02.00 Wita, Tim Rescue dapat berkomunikasi dengan Kapten KAL Weling Lantamal VII Kupang dan diinfokan bahwa Kapal Patah As sedang ditonda menuju Dermaga Perikanan Kupang untuk dilakukan perbaikan.

Pukul 04.10 Wita, KAL Weling Lantamal VII Kupang tiba di Dermaga Perikanan Kupang, Kapal Patah As disandarkan di dermaga dalam keadaan aman dan semua POB dalam keadaan selamat.

Operasi SAR ini dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Supriyanto Ridwan, S.E, dengan unsur SAR yang terlibat antara lain,  Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang dan Lantamal VII Kupang. (ade/*)