Dampak Covid-19, Sejumlah Kegiatan di DLHK Kabupaten Kupang Tertunda

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com- Sejumlah kegiatan di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Kupang tertunda akibat dampak liburan panjang wabah Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) yang melanda Indonesia dan dunia sekarang ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Kupang, Drs. Paternus Vinsi  kepada media ini di Kota Oelamasi, Senin (27/4/2020) mengaku,  akibat Covid-19 ini, semua Aparatur Sipil Negara (ASN) diinstruksikan untuk bekerja di rumahnya masing-masing termasuk ASN di tempat kerjanya.

“Walaupun instruksinya demikian, tetapi secara internal kita tetap membagi tugas piket setiap hari minimal 1-2 orang pegawai tetap stay di kantor  untuk melayani masyarakat yang mengurus izin lingkungan,  seperti izin Amdal, surat pernyataan pengelolaan lingkungan,  UKL dan UPL, atau tergantung dari luasan lahan yang akan digarap oleh masyarakat, “ kata Vinsi.

Baca juga :  773.304 Masyarakat NTT Belum Menjadi Peserta JKN –KIS

Di sisi lain, pihaknya tetap berpegang pada prosedur tetap (Protap) yang diarahkan oleh pemerintah seperti menjaga jarak dan sebagainya. Dia mengaku, setiap hari ada 1-2 orang masyarakat yang mengurus izin lingkungan.

Vinsi juga mengaku, dampak dari liburan panjang Covid-19 ini, sejumlah kegiatan yang ada di dinasnya tahun ini tertunda, seperti kegiatan sosialisasi yang harus melibatkan masyarakat, dan diskusi-diskusi yang membutuhkan kehadiran sejumlah pihak.

Tetapi, dengan adanya instruksi pemerintah untuk  menghindari kerumunan  massa, maka semua kegiatan seperti itu dipending. Sedangkan kegiatan yang bersifat administrasi, menurut dia, tetap berjalan normal.

Ia berharap, semoga situasi wabah Covid-19  ini secepatnya berlalu, sehingga semua kegiatan yang sudah ditargetkan selesai tahun ini bisa dijalankan.  “Penanganan Covid-19 ini juga membutuhkan anggaran, sehingga ada kebijakan-kebijakan pemerintah untuk dilakukan penyesuaian anggaran di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan kita siap menerima hal itu,” tandasnya. (ade)