Desa Golo Ndeweng dan Wae Kanta Dapat Bantuan APD dari DPRD Mabar

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Desa Golo Ndeweng dan Desa Wae Kanta, Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Sabtu (25/4/2020) mendapat bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari Lembaga DPRD Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Bantuan APD berupa masker dan sabun cuci tangan itu dibagi oleh Vitus Usu, Anggota DPRD Mabar dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Mabar. Pembagiannya diawali dari  Desa Golo Ndeweng yang diterima oleh Kepala Desa Golo Ndeweng, Niko Jun dihadiri sejumlah staf desa dan tokoh masyarakat setempat, kemudian dilanjutkan ke Desa Wae Kanta.

Di hadapan aparat desa dan masyarakat Desa Golo Ndeweng,  Vitus mengatakan, pembagian APD itu sebagai bentuk kepedulian Lembaga DPRD Kabupaten Mabar dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Mabar.

Baca juga :  Pemprov NTT Fokus Tangani DBD dan Masalah Sampah

Vitus sendiri ditugaskan oleh lembaganya untuk membagikan APD di 4 desa di daerah pemilihannya (Dapil), yakni Desa Golo Ndeweng dan Desa Wae Kanta, Kecamatan Lembor serta dua desa sebelumnya, yaitu Desa Watu Tiri dan Desa Munting, Kecamatan  Lembor Selatan.

“Kita tidak boleh menganggap reme pandemi Covid1-9 ini, karena virus corona ini tidak  dapat dilihat.  Karena itu, kita semua selalu waspada baik dalam usaha pencegahan maupun dalam penanganannya. Saya juga meminta kita semua untuk selalu memperhatikan protokol pemerintah dalam usaha memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini.  Atas nama Anggota DPRD Manggarai  Barat, kami memutuskan untuk melakukan tindakan antisipasi kemanusiaan dalam bentuk reses edukasi berupa pembagian APD,” kata Vitus yang juga Wakil Ketua Komisi III DPRD Mabar itu.

Baca juga :  Gendang Pilkada Mabar Mulai Ditabur, Paket AG Daftar Pada Hari Pertama

Kata Vitus, pengadaan APD ini dipotong dari gaji Anggota DPRD Manggarai Barat sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran virus corona di daerahnya.

Anggota DPRD Manggarai Barat, Vitus Usu saat menyerahkan bantuan APD  kepada Kepala Desa Wae Kanta, Sabtu (25/4/2020) (Foto : Hargensius S. Yen/NTT PEMBARUAN.com)

Selama masa pandemi Covid-19 ini, lanjut dia,   dari dana desa (DD) juga  dipotong sebesar 30 persen, baik untuk pengadaan APD maupun untuk bantuan tunai langsung (BLT) bagi masyarakat yang kurang mampu selama 3 bulan ke depan, terhitung April, Mei dan Juni 2020.

Sementara itu, Kepala Desa Golo Ndeweng, Niko Jun menyampaikan terima kasih atas bantuan APD yang diberikan Lembaga DPRD Mabar. Kata Niko, desanya juga sudah merencanakan untuk mendistribusikan APD kepada masyarakat melalui dana desa nanti. (gen)