Polsek Reo Bubarkan Sekelompok Pemuda yang Mengonsumsi Alkohol

RUTENG, NTT PEMBARUAN.com – Menindaklanjuti maklumat Kapolri Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus corona, Polisi Sektor (Polsek) Reo menggelar patroli ke sejumlah tempat keramaian yang ada di Kota Reo dan wilayah sekitarnya, di Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (21/4/2020) pukul 20.00 – 00.40 Wita.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Reo, Ipda Alvian Hidayat merupakan sebagai langkah antisipasi adanya pengumpulan massa serta untuk membubarkan kerumunan warga agar kembali ke rumah masing-masing.

Kepada media ini, Kapolsek Reo, Ipda Alvian mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya preventif untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona serta gangguan Kamtibmas di wilayah itu.

“Patroli yang dilaksanakan merupakan salah satu upaya preventif untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona dan gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polsek Reo,” ungkapnya, Rabu (22/4/2020) melalui sambungan telepon.

Baca juga :  Sumba Barat Kirim 228 Sampel Swab ke Kupang

Ipda Alvian juga menjelaskan, selain untuk memastikan masyarakat patuh pada anjuran pemerintah, kegiatan tersebut merupakan sebagai upaya untuk melindungi masyarakat dari penyebaran virus corona. “Masih ditemukan adanya masyarakat Kecamatan Reo yang beraktifitas dan berkumpul di temapat – tempat tertentu” sebutnya.

Kata Ipda Alvian, dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Reo bersama anggota berhasil membubarkan 17 orang pemuda yang sedang berkumpul sambil mengonsumsi alkohol. “Alkohol jenis sopi dan bir bintang yang dikonsumsi oleh para pemuda langsung di buang, disiram ke tanah dan selanjudnya diarahkan untuk kembali ke rumah masing masing,” jelasnya.

Sebelum membubarkan para pemuda tersebut, lanjut IPDA Alvian, pihaknya juga memberikan himbauan, seperti  pertama, tetap mengikuti himbauan pemerintah tentang pencegahan penyebaran virus corona (Covid -19).

Baca juga :  Presiden Jokowi Kembali Kunker ke Labuan Bajo

Kedua, kurangi aktifitas di luar rumah jika tidak ada keperluan/kepentingan dan jaga jarak saat berkomunikasi dengan orang lain. Ketiga, tidak melakukan kegiatan berkumpul yang melibatkan orang banyak, selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan.

Keempat, agar secara bersama – sama memantau akan perkembangan warga masyarakat yang masuk dari zona merah / daerah terpapar Covid -19 dan melaporkan kepada Tim Satgas guna dilakukan pemeriksaan. Kelima, jangan melaksanakan mudik melainkan tetap berada di rumah.

Beberapa tempat yang dilakukan patroli, antara lain, Desa Salama (Kampung Tampode, Kampung Salama, dan Terminal Gadong),  Kelurahan Baru (Kampung Baru dan Pelabuhan Laut Kelas II Reok), Kelurahan Reok ( Lingkungan Lewara dan TPI Reo), pertigaan Jalan Motor Pecah, Kelurahan Wangkung dan  layanan Internet gratis Kantor Camat Reok.

Baca juga :  Daniel : Terima Kasih BWS NT II Telah Membangun Sumur Bor di Desa Bokong

Selain itu, Kapolsek Reo bersama anggota juga melaksanakan patroli di tempat umum seperti di Pasar Inpres Reo, kompleks pertokoan, obyek vital, perbankan, SPBU dan kantor milik pemerintah yang berada di wilayah Kecamatan Reok.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Aipda Arifin Irfan, Aipda Gunawan, Bripka Yustinus G. Goreng, Bripka Oktaf Aktif Saidina, Bripka Yohanes G. Gerak, Bripka Ruslin, Brigpol Jecky A. Lasi. (edi)