Bupati Nagekeo Buka Musrenbangkab Melalui Video Conference

MBAY, NTT PEMBARUAN.com-  Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Nagekeo dibuka secara resmi oleh Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do melalui  video conference  dari ruang kerjanya, Senin (20/4/2020).

“Kali ini kita selenggarakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbangkab) dengan sarana Information and Technology (IT) yang membantu kita untuk tetap menjalankan agenda penyelenggaraan pembangunan di tengah wabah Covid-19 sekarang ini,”kata Bupati Don Bosco melalui siaran pers Humas dan Protokol Setda Nagekeo yang diterima media ini, Senin (20/4/2020).

“Covid benar-benar mengubah skenario kerja kita di Tahun Anggaran 2020 ini. Tidak ditransfernya Dana Alokasi Khusus (DAK) di luar sektor kesehatan dan pendidikan,  diikuti refocusing dan relokasi Dana Alokasi Umum (DAU)  untuk tangani Covid baik  di bidang kesehatan, bidang penanganan dampak sosial ekonomi, maupun Jaringan Pengamanan Sosial. Terakhir, 3 hari yang lalu,Rp 50 M lebih ditarik ke pusat dan kita diminta sesuaikan kembali anggaran Tahun 2020. Oleh karena itu, Covid-19 memaksa kita untuk melihat kembali tata kelola pelayanan pemerintah dan kesejahteraan rakyat, serta tata kelola berwarga. Kita dipaksa untuk melihat kembali apa kekuatan inti kita sampai saat ini, yakni gorong-royong,” urainya.

Baca juga :  Fransiskus Sodo Jadi Sekda Mabar
Peserta Musrenbang Tingkat Kabupaten Nagekeo saat mendengar sambutan Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco Do via vidio conference , Senin (20/4/2020) (Foto : Dokumentasi Humas dan Protokol Setda Nagekeo)

Oleh karena itu, ia menyampaikan terima kasih atas semua inisiatif  baik individu maupun lembaga yang sudah  mengambil bagian dalam inisiasi kegiatan pencegahan Covid-19 di Kabupaten Nagekeo sampai saat ini.

Untuk menyelesaikan agenda pembangunan 2020, kata Bupati Don Bosco,  harus bertumpu pada kekuatan bersama dengan memanfaatkan dana yang ada untuk mendapatkan  hasil  yang maksimal dalam rangka melakukan penanggulangan Covid 19.

Mengakhiri sambutannya, ia menyampaikan terima kasih  kepada Depdagri cq Dir Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah, Kemendagri (Bahri, S.STP, M.Si), Kepala Bapelitbang NTT cq Sekretaris Bapelitbang NTT, Maksi Manafe, dan Anggota DPR RI, Julie Laiskodat yang  sempat mengambil bagian dalam forum Musrenbangkab kali ini. (mat/*)