Terkait SE Mendes PDTT, Kades Tonggurambang Akan Lakukan Perubahan APBDes 2020

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Kepala Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Toa Muallaf akan melakukan perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2020.

Perubahan APBDes Tahun 2020 itu dalam rangka menjawab Surat Edaran (SE) Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) mengenai bantuan langsung tunai (BLT) yang dibolehkan untuk dianggarkan melalui dana desa (DD).

“Kami  akan melakukan perubahan APBDes Tahun 2020.  Mumpung belum diasistensi untuk menindaklanjuti  SE Mendes PDTT mengenai  BLT yang dibolehkan untuk dianggarkan melalui  DD,” kata Kepala Desa Tonggurambang, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Toa Muallaf kepada wartawan media ini, Kamis (16/4/2020).

“DD Tonggurambang tahun ini sebesar Rp 800 juta lebih, kalau kita sesuaikan dengan apa yang tertuang dalam SE Mendes PDTT tersebut, maka kami harus mengalokasikan DD sebesar 30 persen dari DD yang kami terima. Artinya, sekitar kurang lebih Rp 260 juta. Karena itu, bersama BPD, kami akan berkonsultasi mengenai hal ini,” ujar Muallaf.

Baca juga :  Jumlah Pasien Covid-19 Meninggal di Manggarai 24 Orang

Sebelumnya,  pihaknya bersama BPD setempat telah menetapkan RAPBDes Tahun 2020. “Kami akan menyampaikan mengenai  SE PDTT kepada BPD sebagai landasan hukum bagi kami dalam mengubah RAPBDes yang ada. Tentunya kami terus berkoordinasi dengan pendamping desa, pendamping kecamatan dan tenaga ahli kabupaten yang bertugas mendampingi dana desa,”urainya.

Ia menjelaskan, dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada keluarga miskin di Desa Tonggurambang tahun ini sebagai salah satu upaya pemerintah desa dalam melakukan tanggap darurat Covid-19. (mat)