Pemudik di Manggarai, Terbanyak dari Langke Rembong dan Satar Mese

RUTENG , NTT PEMBAHARUAN.com—Selama mewabahnya corona virus disease 2019 atau Covid-19, banyak orang Manggarai di perantauan memilih untuk pulang kampung. Hingga Sabtu (11/4/2020) tercatat 1.534 orang yang kembali.

Mereka tersebar di semua kecamatan, namun terbanyak di Langke Rembong dan Satar Mese. Di Kecamatan Langke Rembong sebanyak 261 orang dan Kecamatan Satar Mese sebanyak 217 orang. Mereka datang dari berbagai daerah, termasuk daerah yang sudah terpapar Covid-19. Bahkan ada pula yang datang dari luar negeri yang juga sudah terpapar virus tersebut.

Untuk dalam negeri, pemudik terbanyak dari daerah Bali yang mencapai 462 orang. Urutan kedua berasal dari daerah Makassar, yakni sebanyak 220 orang. Sedangkan dari luar negeri, pemudik datang dari Malaysia sebanyak 39 orang, dan Swiss serta Philipina masing-masing satu orang. Kembalinya para perantau memberikan kontribusi pada peningkatan jumlah Orang Dalam pantauan (ODP).

Baca juga :  Gubernur NTT Minta 11 Kepala Daerah dan BOPLBF Bangun Cara Berpikir Pariwisata Integral

Komando Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Manggarai mencatat, hingga saat ini terdapat 26 ODP. Ada pun ODP yang sudah mendapatkan perawatan dan telah melampaui masa isolasi 14 hari serta dinyatakan sehat sebanyak 10 orang.

“Sedangkan 16 ODP lainnya telah mendapatkan perawatan dan pengobatan tim medis, dan masih dalam observasi serta menjalankan isolasi mandiri di rumah,” jelas Juru Bicara Komando Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Manggarai Lodivikus Moa kepada media ini di Ruteng, Sabtu (11/4/2020). (eko)