Cegah Covid-19, Komuni Suci Hanya Dilakukan Pada Kamis Putih di Setiap Rumah

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Untuk mencegah penyebaran wabah virus corona (Covid-19), maka seluruh rangkaian perayaan  selama pekan suci, mulai dari  Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Alleluya hingga Hari Raya Paskah tahun ini di Stasi St. Kristoforus Matani, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang tetap mengacu pada himbauan Bapa Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr dan Pastor Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang, RD. Krispinus Saku yang meminta umat untuk tetap berdoa di rumah masing—masing via live streaming.

“Secara hirarki kita tidak boleh melangkahi apa yang sudah disepakati Bapa Uskup Agung Kupang bersama para pastor paroki  se-Keuskupan Agung Kupang yang menyepakati, bahwa  selama perayaan pekan suci, mulai dari Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Alleluya dan Hari Raya Minggu Paskah dilakukan secara live streaming,” jelas Ketua Pelaksana Dewan Pengurus Stasi St. Kristoforus Matani, Dr. Karolus Kopong Medan,S.H,M.Hum kepada media ini usai pertemuan internal antara sejumlah pengurus inti DPS bersama Ketua Panitia Paskah di kediamannya, Minggu (5/4/2020).

Baca juga :  Samuel Bia Hilang Saat Mencari Ikan di Pantai Boking

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua Pelaksana I DPS St. Kristoforus Matani, Yoseph Tilis, Wakil Ketua Pelaksana II DPS St. Kristoforus Matani, Petrus P.Moron, Sekretaris DPS St. Kristoforus Matani, Agustinus Undji Ndalu Nau, Ketua Bidang Pewartawaan Iman  DPS St. Kristoforus Matani, Simon Petrus Hane dan Ketua Panitia Paskah Stasi St. Kristoforus Matani, Kanisius Seda.

Khusus untuk hari Kamis Putih di Stasi St. Kristoforus Matani, kata Kopong,  pastor bersama beberapa frater yang telah ditugaskan akan melayani komuni  suci dari rumah ke rumah dengan sistem dua tahap, yakni tahap pertama dari jam 08.00 Wita – 12.00 Wita, dilanjutkan tahap kedua, dari pukul 15.00 Wita  – 19.00 Wita (jam 7 malam).

Baca juga :  Sumba Barat Kirim 228 Sampel Swab ke Kupang

Secara teknis yang berkaitan dengan jadwal pelayanan ke KUB-KUB akan diatur lebih lanjut oleh pengurus Stasi St. Kristoforus Matani dalam waktu dekat ini, sehingga pelayanannya selesai tepat waktu.

Rapat internal sejumlah pengurus inti DPS bersama Ketua Panitia Paskah Stasi St. Kristoforus Matani yang dipimpin langsung Ketua DPS St. Kristoforus Matani, Dr. Karolus Kopong Medan,S.H,M.Hum di kediamannya, Minggu (5/4/2020)

“Oleh karena itu, saya meminta para ketua wilayah dan para ketua KUB se-Stasi St. Kristoforus Matani untuk segera berkoordinasi dengan semua umat di wilayahnya masing-masing, sehingga ketika pastor melakukan pelayanan komuni suci dari rumah ke rumah, semuanya pada posisi siap sambil berdoa. Bukan hanya posisi siap dari segi berpakaian rapih, tetapi yang paling penting adalah kesiapan iman dalam hal menerima tubuh Kristus di rumahnya masing-masing,” kata Kopong.

Atas nama pengurus Stasi St. Kristoforus Matani,  ia juga menyampaikan selamat merayakan hari raya Minggu Palma  pada hari ini (Minggu, 5/4/2020,red) dan selamat menyongsong hari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Aleluya dan Hari Raya Paskah, Minggu, 12 April 2020 mendatang,” ucap Kopong. (ade)

Komentar