Desa Leuwayan Bentuk Relawan Cegah Covid-19

LEWOLEBA, NTT PEMBARUAN.com-  Senin, 30 Maret 2020, Desa Leuwayan, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melakukan pembentukan tenaga relawan pencegahan  virus corona (Covid-19) di desa itu.

Pembentukan tenaga relawan pencegahan Covid-19 itu yang berlangsung di Kantor Desa Leuwayan itu dihadiri Kepala Desa Leuwayan, Emanuel Ledo, petugas kesehatan, Badan Perwakilan Desa (BPD), Karang Taruna, dan masyarakat setempat.

Kepala Desa Leuwayan, Emanuel Ledo, saat dihubungi wartawan media ini via telepon selulernya, Senin (30/3/2020) mengatakan, pembentukan tenaga relawan pencegahan Covid-19 itu merupakan gerakan kemanusiaan dalam rangka mengantisipasi kasus virus corona di desanya.

“Pasti saya sangat mendukung kegiatan ini, dan akan dimasukan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) tahun ini,”kata Emanuel.  Kepada warganya yang saat ini sementara berada di perantauan, ia minta, untuk sementara waktu jangan pulang kampung dulu, sehingga tidak membawa virus corona bagi keluarganya.

Baca juga :  Gubernur NTT Tinjau Realisasi Jalan Provinsi di Mabar

Himbauan itu disampaikannya secara tertulis kepada warganya di perantauan termasuk mahasiswa yang kuliah di luar Kabupaten Lembata untuk sementara waktu bertahan di tempat masing-masing, dan jangan mudik ke kampung dulu.

Sementara, Paulus Laga, salah satu petugas kesehatan hadir saat itu memberikan penguatan kepada masyarakat agar jangan terlalu panik dengan isu Covid-19 ini.

“Intinya, kita menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, dan kalau ada masyarakat yang mengalami gejala batuk, pilek, demam atau influenza segera membawa ke fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.  Saya harap agar semua masyarakat jangan terlalu panik mendengar informasi virus corona ini. Selalu menggunakan masker dan selalu menggunakan air bersih untuk mencuci tangan,”imbuhnya.(oda)

Komentar