Sekda se-NTT Sepakat Bentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Sekretaris Daerah (Sekda) se-Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam rapat bersama yang dipimpin Sekretaris Daerah NTT, Ir. Benediktur Polo Maing di halaman Kantor Gubernur NTT belum lama ini sepakat untuk membentuk gugus tugas percepatan penanganan virus corona ((Covid-19) di masing-masing kabupaten/kota.

“Kami sudah sepakati untuk segera membentuk tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di kabupaten/kota se-NTT. Kalau ada kabupaten yang sudah bentuk terima kasih, sedangkan yang belum segera dibentuk,” kata  Sekretaris Daerah NTT, Ir. Benediktur Polo Maing kepada wartawan  di halaman Kantor Gubernur NTT belum lama ini.

Gugus tugas yang dibentuk itu tugasnya antara lain,  pertama, mengkawal semua pelaksanaan instruksi baik dari pusat maupun provinsi sebagai strategi untuk pencegahan perluasan penyebaran Covid19 .

Baca juga :  Tarif Listrik Golongan Rendah Turun Mulai Hari Ini

Kedua, membuat kebijakan lokal kabupaten/kota untuk mengatasi persoalan Covid-19 ini dengan cara mengoptimalkan dana APBD untuk penanganan penyebaran Covid-19. “ Jadi, tidak hanya menunggu dana dari provinsi atau pusat, tetapi cepat ditanggapi oleh dana APBD . Dasarnya adalah Surat Edaran Menteri Dalam Negeri untuk mengoptimalkan APBD dengan merevisi anggaran yang ada, menggunakan dana tanggap darurat, dan menggunakan uang khas yang ada. Sedangkan, hal-hal teknis sesuai pedoman dan petunjuk dilakukan oleh masing-masing kabupaten/kota,” jelas dia.

Terkait rumah sakit rujukan yang ditetapkan, Sekda Polo Maing menyebutkan, Gubernur NTT telah menetapkan 11 rumah sakit rujukan di NTT yang telah diusulkan ke Menkes RI untuk ditindaklanjuti antara lain, Kota Kupang yaitu, RSUD W.Z Johanes Kupang, Rumah Sakit Tc Hilers di Maumere, RSUD Labuan Bajo, RSUD Rote Ndao, RSUD Sabu Raijua, RSUD Lembata, RSUD Kalabahi,  RSUD Atambua, dan RSUD Sumba Timur. (ade)