Belum Lunas Uang Komite, Guru Pulangkan Sejumlah Siswa SMPN 2 Poco Ranaka

BORONG, NTT PEMBARUAN. com- Sejumlah siswa/i  SMPN 2 Pocco Ranaka, Bea Muring, Kecamatan Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (18/3/2020)  dipulangkan oleh gurunya lantaran belum lunas membayar uang komite di sekolah itu.

Seorang siswa SMPN 2 Poco Ranaka yang tidak mau namanya disebut menjelaskan, sebelum masuk kelas, para guru menyuruh untuk berbaris. Pada saat itu, yang belum dan sudah lunas membayar uang komite sekolah baris berbeda-beda.

“Kami yang belum lunas disuruh pulang rumah dan tidak bisa mengikut ujian mid semester 2. Kalian tidak bisa ikut ujian. Kalau sudah ada uang baru datang sekolah,” ujar siswa itu menirukan perkataan guru yang mengusir mereka hari itu.

Baca juga :  30 Persen Pasien Covid-19 di NTT Transmisi Lokal

Ia menuturkan, siswa/i  yang diusir itu adalah mereka yang belum membayar lunas uang komite sekolah  sebesar Rp 350.000.  “Kami sekitar 40 orang  lebih yang disuruh pulang. Yang sudah membayar uang sekolah sampai Rp 300.000 dibolehkan untuk mengikuti ujian, dengan catatan, Kamis, 19 Maret 2020  sudah membayar sisanya sebesar Rp 50.000  tersebut,” tuturnya.

“Guru yang usir kami tadi bilang, kalian dapat ilmu, kami tidak dapat uang,” sambungnya. Ketika ditanya nama guru yang memulangkan mereka dari sekolah saat itu, siswa tersebut tidak berani menyebutkannya. Hingga berita ini diturunkan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto belum memberikan penjelasan terkait pemulangan sejumlah siswa tersebut.(edi)